Perancangan Kustomisasi Report Tracing Alokasi Biaya Product Activity-Based Costing pada Modul Controlling SAP S/4HANA (Studi Kasus: PT Telkom Indonesia)

FATMA KURNIA FEBRIANTI

Informasi Dasar

22.04.1107
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telkom Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam sektor jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Dalam menjaga kinerja dan profitabilitas perusahaan, PT Telkom Indonesia mengimplementasikan SAP S/4 HANA untuk mendukung berbagai proses bisnis pada PT Telkom Indonesia, termasuk proses cost allocation dalam submodul activity-based costing (CO-OM-ABC) dan profitability analysis (CO-PA) pada modul controlling. Akan tetapi dalam operasional bisnis sehari-hari, masih terdapat kekurangan pada penggunaannya. Laporan CO-PA merupakan laporan akhir dari proses cost allocation yang memuat informasi hasil alokasi biaya akhir berupa cost of goods sold (COGS) dari produk layanan PT Telkom Indonesia. Dalam proses reporting CO-PA yang ada saat ini, sistem tidak memfasilitasi informasi mengenai sumber business process dari mana alokasi biaya COGS berasal sehingga pengguna, yaitu divisi finance, mengalami kesulitan dalam menganalisis pengeluaran biaya dan penggunaan anggaran pada business process dalam menyediakan sebuah produk layanan ke pasar. Solusi yang diajukan pada penelitian ini adalah kustomisasi reporting CO-PA yang mendukung proses pelacakan sumber alokasi biaya COGS dalam satu kali eksekusi report. Kustomisasi dalam penelitian menerapkan Software Development Life Cycle (SDLC). Evaluasi dari hasil kustomisasi dilakukan dengan black box testing untuk menguji fungsionalitas program laporan yang dibuat. Penelitian ini menghasilkan report ABAP List Viewer (ALV) yang memungkinkan pengguna melihat informasi COGS dari suatu produk beserta dengan sumber alokasi biaya dari tiga siklus lokasi ke belakang. Program laporan ini telah berhasil divalidasi dan diuji berdasarkan kebutuhan divisi finance PT Telkom Indonesia untuk melacak sumber alokasi biaya dari suatu produk.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

Perancangan Kustomisasi Report Tracing Alokasi Biaya Product Activity-Based Costing pada Modul Controlling SAP S/4HANA (Studi Kasus: PT Telkom Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATMA KURNIA FEBRIANTI
Perorangan
MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini