Perancangan User Interface Aplikasi Pengenalan Tari Jaipong Untuk Anak Sekolah Dasar (SD) Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)

SITI NASRON AZIZAH MUQOROBIN

Informasi Dasar

22.04.1032
005.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tari jaipong merupakan tarian tradisional khas Indonesia yang berasal dari Jawa Barat dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya nasional. Memperkenalkan tari pada anak usia dini (tingkat sekolah dasar) merupakan salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan budaya daerah. Namun keterbatasan waktu pembelajaran (jam belajar yang lebih sedikit) menyebabkan materi yang di sampaikan kurang mendalam. Sehingga siswa merasa bosan, tidak ada motivasi, dan melewatkan beberapa informasi penting tentang materi. Kegiatan pembelajaran melalui media pembelajaran berbasis mobile merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siwa. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pembelajaran berbasis mobile untuk kegiatan pembelajaran tari Jaipong di tingkat sekolah dasar dengan menggunakan metode User-Centered Design (UCD). UCD merupakan metode yang dapat menganalisis kebutuhan pengguna yang sesuai dengan karakteristik pengguna. Evaluasi terhadap aplikasi pembelajaran tari Jaipong ini dilakukan dengan melibatkan 15 siswa/I sekolah dasar di Ciamis, Jawa Barat. Partisipan diminta untuk menjawab survei kuantitatif menggunakan instrumen Quality in Use Integrated Measurement (QUIM) yang bertujuan untuk mengetahui pengalaman pengguna menggunakan aplikasi tersebut selama pembelajaran tari Jaipong. Hasil pengujian pada manfaat dan kegunaan aplikasi pembelajaran tari Jaipong berbasis mobile dengan teknik QUIM didapatkan skor dengan rata-rata sebesar 91% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hal tersebut didukung dengan hasil belajar pengguna tentang pemahaman tari Jaipong. Sebanyak 86,7% pengguna yang menggunakan aplikasi pembelajaran tari Jaipong memahami pembelajaran dengan baik. Sebaliknya, pengguna yang tidak menggunakan aplikasi pembelajaran tari Jaipong (menggunakan media YouTube) adalah 33,3%. Penelitian ini menunjukan bahwa metode UCD sangat memberikan kontribusi dalam proses perancangan desain yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pengguna untuk merancang user interface (UI) aplikasi pembelajaran tari Jaipong.

Kata kunci : Aplikasi Mobile, User Interface (UI), Tari Jaipong, User-Centered Design (UCD), Quality in Use Integrated Measurement (QUIM).

Subjek

USER INTERFACES
 

Katalog

Perancangan User Interface Aplikasi Pengenalan Tari Jaipong Untuk Anak Sekolah Dasar (SD) Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI NASRON AZIZAH MUQOROBIN
Perorangan
ATI SUCI DIAN MARTHA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini