Prediksi Penambahan Kasus Aktif Harian Corona Virus Disease (Covid-19) di Provinsi Jawa Barat menggunakan Multiple Linear Regression (MLR) dan Support Vector Regression (SVR)

ALMANIK BALINGGA

Informasi Dasar

22.04.1026
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir tahun 2019 dan dinyatakan sebagai pandemi global pada februari 2020. Agar tindakan preventif dapat dilakukan dengan maksimal, diperlukan suatu metode untuk memprediksi jumlah kasus aktif Covid-19. Dalam penelitian ini, dibuat sistem prediksi penambahan kasus aktif harian Covid-19 di Provinsi Jawa Barat menggunakan metode Multiple Linear Regression dan Support Vector Regression. Multiple Linear Regression adalah salah satu metode Regresi Linear yang digunakan untuk melakukan prediksi dengan cara mencari nilai tiap koefisien sebagai bobot variabel independen dalam fungsi regresi. Sedangkan Support Vector Regression adalah metode yang dikembangkan untuk memprediksi luaran berupa bilangan real dengan cara mencari Hyperplane-tube yang terbaik dalam memodelkan data. Setelah kedua model dibangun, selanjutnya dilakukan analisis performansi untuk menentukan metode yang memberikan hasil yang lebih baik. Kesimpulan yang dihasilkan pada penelitian ini adalah metode Support Vector Regression memberikan hasil RMSE dan MAE yang lebih baik yaitu masing masing sebesar 0.057 dan 0.039 dibandingkan metode Multiple Linear Regression yang menghasilkan RMSE dan MAE sebesar 0.024 dan 0.021.

Subjek

HEALTH CARE
INFORMATICS,

Katalog

Prediksi Penambahan Kasus Aktif Harian Corona Virus Disease (Covid-19) di Provinsi Jawa Barat menggunakan Multiple Linear Regression (MLR) dan Support Vector Regression (SVR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALMANIK BALINGGA
Perorangan
INDWIARTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini