Aplikasi Perencanaan dan Pencatatan Biaya Resep dengan Pendekatan Standar Pembiayaan (Studi Kasus : Food & Beverage Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Sumatera Barat)

ANDIKA TEGAR SETIAWAN

Informasi Dasar

22.06.090
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Aplikasi ini digunakan untuk perencanaan biaya pada food & beverage hotel. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melakukan perhitungan dan pencatatan biaya resep, mencatat transaksi pembelian bahan baku dan transaksi penjualan produk makanan dan minuman, menghasilkan laporan akuntansi, serta perbandingan antara biaya yang direncanakan dengan biaya aktual. Alur kegiatan dimulai dari pencatatan daftar menu, lengkap dengan pencatatan daftar bahan baku yang diikuti satuan dan harga beli bahan baku. Kemudian mencatat standar resep yang menjadi takaran bahan baku yang diperlukan dan menghitung biaya untuk membuat satu satuan produk. Terakhir setelah melakukan transaksi penjualan, didapatlah perbandingan biaya aktual dengan biaya yang direncanakan. Secara garis besar fungsionalitas dari aplikasi ini adalah dapat mengelola master data, melakukan transaksi, melakukan perhitungan dan perencanaan biaya, serta memperoleh keluaran laporan akuntansi. Aplikasi ini dibuat berbasis web dengan teknik berorientasi objek dengan model pengembangan Prototyping. Perancangan aplikasi ini menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan perancangan struktur basis data menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Sedangkan pembuatan Kode menggunakan bahasa pemrograman PHP berbasis Framework Codeigniter dan MySQL untuk manajemen basis data. Kata Kunci : Biaya Resep, Perencanaan, Anggaran

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Perencanaan dan Pencatatan Biaya Resep dengan Pendekatan Standar Pembiayaan (Studi Kasus : Food & Beverage Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Sumatera Barat)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDIKA TEGAR SETIAWAN
Perorangan
IRNA YUNIAR
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini