PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Perusahaan Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

RISKY FITRIANY

Informasi Dasar

22.04.914
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Audit report lag adalah jumlah hari dari tanggal tutup buku tahun perusahaan yaitu 31 Desember hingga tanggal ditandatanganinya laporan keuangan yang telah diaudit. Ketepatan waktu dalam menyampaikan laporan keuangan dilihat dari tanggal tutup buku laporan keuangan perusahaan sampai tanggal laporan auditor independen.
Variabel independen penelitian ini adalah profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage dan opini audit. Sedangkan variabel dependen yaitu audit report lag. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage dan opini audit terhadap audit report lag pada perusahaan infrastruktur, utilitas dan transportasi di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini adalah perusahaan infrastruktur, utilitas dan transportasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Menurut jenisnya, penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka pada penelitian ini memiliki total observasi yang digunakan sebanyak 70 yang terdiri dari 14 perusahaan dengan periode waktu penelitian selama lima tahun. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel menggunakan eviews 11. Berdasarkan hasil penelitian profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage dan opini audit berpengaruh secara simultan terhadap audit report lag. Secara parsial profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage tidak berpengaruh terhadap audit report lag. Sedangkan opini audit berpengaruh negatif terhadap audit report lag.

Kata kunci: profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, opini audit, audit report lag

Subjek

AUDITING
PROBABILITIES,

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Perusahaan Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISKY FITRIANY
Perorangan
Muhamad Muslih, Febrial Pratama
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini