Pemodelan Konversi Energi Suara Menjadi Energi Listrik Menggunakan Material Piezoelektrik Dengan Matlab Simulink

NOVREZA SYIFA NILADIBRATA

Informasi Dasar

22.04.862
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstraksi

Tingkat konsumsi energi di Indonesia cukup tinggi, sedangkan pada saat yang sama cadangan energi fosil semakin berkurang. Oleh karena itu, kebutuhan dan penelitian untuk energi alternatif menjadi meninggkat. Beberapa sumber energi alternatif yang dapat dimanfaatkan adalah energi air, angin, biomassa, dan lain-lain. Salah satu sumber energi alternatif yang sedang diteliti pada saat ini adalah energi suara. Energi suara dapat dikonversikan menjadi energi listrik untuk dimanfaatkan pada kebutuhan sehari-hari.

Energi suara dapat dikonversikan menjadi energi listrik dengan menggunakan material piezoelektrik. Material piezoelekterik adalah material yang apabila dikenakan gaya tekan atau tarik maka akan menghasilkan beda potensial pada kutubnya. Perbedaaan potensial ini dapat menghasilkan arus listrik untuk mengisi baterai.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses konversi energi suara menjadi energi listrik menggunakan material piezoelektrik, mengetahui pengaruh tingkat kebisingan terhadap energi listrik yang dapat dihasilkan, serta model rangkaian konversi energi suara menjadi energi listrik pada Matlab. Parameter keberhasilan dari penelitian ini adalah model konversi energi suara menjadi energi listrik pada Matlab Simulink. Hasil dari pemodelan konversi energi suara menjadi energi listrik berupa tekanan gelombang suara sebesar 2,922 Pa dan medan listrik sebesar 0,67 x 10-12 N/C pada intensitas suara 100 dB. Dengan tekanan gelombang suara 2,922 Pa pada intensitas suara 100 dB, dihasilkan tegangan sebesar 0,083 V dan arus listrik sebesar 3,35 x 10-6 A.

Kata Kunci: konversi energi, energi suara, material piezoelektrik, pemodelan Matlab

Subjek

MODELING AND SIMULATIONS
Energy enginering,

Katalog

Pemodelan Konversi Energi Suara Menjadi Energi Listrik Menggunakan Material Piezoelektrik Dengan Matlab Simulink
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVREZA SYIFA NILADIBRATA
Perorangan
SUDARMONO SASMONO, HESTY SUSANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini