PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PROTOTYPE RFID DOOR LOCK PADA DATA CENTER PADA PT. CYBERTECHTONIC PRATAMA

ILHAM SATRIA AJI PRATAMA

Informasi Dasar

22.04.840
621.39
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan implementasi infrastruktur Data center yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep pengamanan fisik pada perangkat Data Center perlu dipertimbangkan.Keamanan Data center tidak hanya pada sistem yang beroperasi. Melainkan pada perangkat fisik Data center itu sendiri.Kondisi fisik data center perlu diperhatikan untuk keamanannnya karena orang umum dapat mengoperasikannya jika tidak ada keamanan fisik pada Data center.Dengan adanya keamanan fisik pada perangkat Data center ini akan mencegah orang-orang yang tidak memiliki hak akses untuk gadapat mengoperasikan Data center.Untuk itu salah satu solusi untuk pengamanan fisik pada perangkat Data Center menggunakan sistem sensor RFID Door Lock.

PT Cybertechtonic Pratama merupakan perusahaan layanan penyedia fasilitas data center seperti dedicated server, colocation server, VPS, clouds, hosting dan lain-lainnya. PT Cybertechtonic Pratama adalah salah satu perusahaan penyedia layanan data center untuk menunjang para clients yang terdiri dari instansi pemerintahan, institusi pendidikan, dan perusahaan besar lainnya dalam memenuhi proses bisnisnya. Berdasarkan hasil pengamatan, kondisi eksisting di PT Cybertechtonic Pratama pada ruangan rak data center masih menggunakan kunci fisik.Oleh karena itu peneliti ingin membuat sistem Door Lock yang menerapkan (IOT) Internet of Things untuk menambah keamanan dalam pemeliharaan perangkat fisik data center.

Pada Tugas Akhir ini, dilakukan perancangan alat Door Lock menggunakan mikrokontroler NodeMCU yang akan terhubung dengan aplikasi Blynk menggunakan ESP8266. Dengan adanya RFID Door Lock pada perangkat Data Center para teknisi nantinya tidak perlu lagi repot untuk membuka kunci rak server secara manual.Kunci tersebut dapat dibuka memalui Kartu Mifare yang akan di tapping ke alat RFID.Nantinya smarthphone pada dapat menerima notifikasi ketika ada yang membuka kunci pada aplikasi Blynk.Penulis mengharapkan jika penerapan prototype door lock dengan metode PPDIOO yang dapat dikembangkan kembali pada penelitian yang berikutnya untuk mencapai keamanan yang lebih baik untuk membuat perangkat rak server pada Data Center terjaga.

Subjek

ARDUINO
MICROCONTROLLER,

Katalog

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PROTOTYPE RFID DOOR LOCK PADA DATA CENTER PADA PT. CYBERTECHTONIC PRATAMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILHAM SATRIA AJI PRATAMA
Perorangan
Avon Budiono, Ahmad Almaarif
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini