ANALISIS MANAJEMEN RISIKO DAN KONTROL PADA SEKSI SISTEM INFORMASI BERDASARKAN ISO 31000 (STUDI KASUS : PT.NUSANTARA REGAS)

EZRA CHRISMYRALDA SIANIPAR

Informasi Dasar

22.04.838
332.015 195
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi informasi diartikan sebagai ilmu pengetahuan dalam bidang informasi yang berbasis komputer dan perkembanganya sangat pesat. Dampak dari perkembangan teknologi informasi yang terjadi memacu organisasi-organisasi untuk tetap exist serta dapat meningkatkan prestasi yang dijalankannya. Peran teknologi informasi menitik beratkan pada pengaturan sistem informasi, selain itu teknologi informasi dapat memenuhi kebutuhan organisasi dengan sangat cepat, tepat waktu, relevan, dan akurat. Banyak perusahaan sudah menerapkan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnis salah satunya PT.Nusantara Regas.PT Nusantara Regas merupakan perusahaan patungan antara PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dengan komposisi kepemilikan 60% dan 40%. PT Nusantara Regas memiliki tugas utama yaitu memasok kebutuhan gas untuk pembangkit listrik PLN di area Jakarta dan sekitarnya. Teknologi Informasi sudah berkembang mencakup seluruh aspek dibanyak bidang, tidak terkecuali salah satunya pada perusahaan BUMN. Intansi BUMN yang bergerak di bidang niaga gas bumi seperti PT.Nusantara Regas harus mampu menerapkan tata kelola manajemen risiko dengan baik dan bijak. Dalam hal ini menganalisis risiko yang mungkin terjadi dapat dijadikan salah satu solusi untuk dapat meminimalisir risko teknologi informasi pada perusahaan agar risiko yang mungkin terjadi dapat diminimalisir dan teratasi. Untuk dapat terus melakukan pengembangan terhadap sumber daya manusia dan melakukan peningkatan kualitas pelayanan di PT.Nusantara Regas maka dilakukannya analisi manajemen risiko menggunakan ISO 31000:2018 yang menghasilkan 4 risiko. Risiko yang teridentifikasi kemudian dilanjutkan dengan tahap analisis risiko yang berpacu dengan level kemungkinan dan level dampak. Risiko tersebut kemudian diberikan kontrol menggunakan standar NIST 800-53 dan DoD 8500.2 yang selanjutnya diberikan rekomendasi dari aspek personil,proses,dan teknologi. Kata Kunci : Manajemen Risiko,Sistem Informasi,ISO 31000,BUMN, Teknologi Informasi

Subjek

RISK MANAGEMENT
INFORMATION MANAGEMENT, TOTAL QUALITY MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS MANAJEMEN RISIKO DAN KONTROL PADA SEKSI SISTEM INFORMASI BERDASARKAN ISO 31000 (STUDI KASUS : PT.NUSANTARA REGAS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EZRA CHRISMYRALDA SIANIPAR
Perorangan
Iqbal Santosa, Ryan Adithya Nugraha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini