PERANCANGAN PENJADWALAN PREVENTIVE MAINTENANCE SPINDLE MESIN SEAMING UNTUK MEMINIMASI DEFECT PRODUK DRY BATTERY PADA PROSES SEAMING DI PT XYZ MENGGUNAKAN PENDEKATAN DMAI

ALVINIA SHAFIRA

Informasi Dasar

22.04.830
658.562
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan sumber energi. Salah satu produk yang dihasilkan adalah Dry Battery (Mangan). Pada Departemen Produksi (Assembling) terdapat 6 lini produksi, yaitu lini UM-1, UM-2, UM-3#1, UM-3#2, UM-3#3, dan UM-4 dimana lini produksi tersebut memproduksi tipe ukuran Dry Battery yang berbeda. Berdasarkan data historis periode April 2020 – Maret 2021, lini UM-4 merupakan lini yang perlu dilakukan perbaikan dengan segera karena memiliki jumlah produk defect tertinggi serta perbedaan persentase produk defect dengan persentase toleransi produk defect yang tertinggi. Persentase produk defect pada produksi Dry Battery lini UM-4 adalah sebesar 0.60%, sedangkan persentase toleransi produk defect-nya adalah sebesar 0.54%. Adapun proses yang paling banyak menghasilkan produk yang tidak sesuai dengan CTQ produk adalah proses seaming. Proses seaming menghasilkan 54.1% produk defect dari total jumlah produk defect. Jenis defect yang terjadi pada proses seaming adalah Cap lepas, Insulation Ring putus, Metal Jacket dekok, dan hasil seaming Metal Jacket tidak sesuai dimana jenis defect tersebut dikategorikan dalam satu kategori jenis defect, yaitu appearance. Solusi yang diberikan adalah rancangan penjadwalan preventive maintenance spindle mesin Seaming yang dapat meminimasi defect pada proses seaming di PT XYZ.

Penyelesaian masalah dilakukan dengan menggunakan pendekatan DMAI (Define, Measure, Analyze, dan Improve). Pada fase define dilakukan identifikasi CTQ produk, tahapan proses produksi, CTQ proses, dan permasalahan pada proses produksi. Pada fase measure dilakukan perhitungan stabilitas proses dan kapabilitas proses. Pada fase analyze dilakukan analisis akar penyebab permasalahan dimana yang menjadi permasalahan adalah CTQ proses yang tidak terpenuhi pada proses seaming. CTQ proses yang tidak terpenuhi tersebut adalah tekanan spindle pada mesin Seaming sebesar 30 N/m2. Analisis akar permasalahan dilakukan menggunakan diagram fishbone dan 5 Whys. Selain itu, dilakukan analisis penilaian risiko menggunakan FMEA khususnya PFMEA. Pada fase improve dilakukan perancangan penjadwalan preventive maintenance spindle mesin Seaming yang dapat meminimasi defect produk Dry Battery pada proses seaming. Dalam melakukan perancangan, digunakan metode perhitungan nilai Mean Time to Failure (MTTF) dan Mean Time to Repair (MTTR).

Hasil perancangan yang didapatkan adalah adanya preventive maintenance spindle mesin Seaming dalam interval waktu 14.239 hari mesin Seaming beroperasi setelah kerusakan sebelumnya. Kemudian, dilakukan perhitungan preventive maintenance optimal dan hasil yang didapatkan adalah 10.14 hari kerja. Dalam proses perancangan, diperhatikan pula spesifikasi dan standar perancangan yang ditentukan oleh perusahaan. Hasil perancangan kemudian diverifikasi, validasi, evaluasi, dan dianalisis rencana implementasinya.

Pengimplementasian hasil perancangan akan memberikan berbagai macam manfaat, seperti meminimasi adanya spindle aus pada saat proses produksi, mengatasi kerja spindle yang terhambat akibat adanya debu yang menumpuk, serta mengetahui interval waktu maintenance. Selain itu, perancangan penjadwalan preventive maintenance spindle mesin Seaming diharapkan dapat meminimasi defect pada proses seaming di PT XYZ dengan asumsi penurunan sebesar 80% atau jika dihitung berdasarkan total produk defect maka diharapkan dapat meminimasi hingga 43%. Penurunan defect yang terjadi akan berdampak pada perubahan nilai sigma dimana terjadi peningkatan dari 4.812 ? 4.8 menjadi 4.967 ? 5.

Kata kunci — Dry Battery, Defect, Proses Seaming, DMAI, Penjadwalan Preventive Maintenance

Subjek

QUALITY CONTROL
MAINTENANCE MANAGEMENT,

Katalog

PERANCANGAN PENJADWALAN PREVENTIVE MAINTENANCE SPINDLE MESIN SEAMING UNTUK MEMINIMASI DEFECT PRODUK DRY BATTERY PADA PROSES SEAMING DI PT XYZ MENGGUNAKAN PENDEKATAN DMAI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALVINIA SHAFIRA
Perorangan
MARINA YUSTIANA LUBIS, YUNITA NUGRAHAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini