Perancangan Antar Muka Aplikasi Pencarian Restoran Berdasarkan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Restoran di Kota Padangsidimpuan)

RENADHA BAGYS MASYAWA DILA

Informasi Dasar

22.04.795
005.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi mengambil peran penting dalam memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi, khususnya internet dan pendukung mobilitas yaitu smartphone, dimana masyarakat dengan mudah mencari berita mengenai politik, hukum, kriminal, dan salah satunya wisata kuliner. Masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi tentang wisata kuliner, seperti nama tempat makan, menu dan harga makanan, dan lokasi tempat makan tersebut. Untuk Kota Padangsidimpuan sendiri belum mempunyai aplikasi maupun website penyedia informasi tentang restoran sehingga masyarakat melakukan browsing di internet yang masih dianggap kurang optimal karena kurang praktis. Informasi mengenai restoran yang didapatkan umumnya hanya terbatas berupa nama tempat, alamat, dan arah jalan. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah teknologi berbasis informasi yang dapat membantu pengguna dalam mencari dan memberikan informasi lokasi restoran yang ingin dituju yaitu dengan dirancangnya User Interface (UI) aplikasi pencarian restoran menggunakan metode User-Centered Design (UCD). Aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan ini adalah membuat User Persona, melakukan identifikasi kebutuhan pengguna, dan melakukan pengujian menggunakan skala kegunaan pada user. Elisitasi kebutuhan dilakukan terhadap 20 responden. Dari hasil elisitasi kebutuhan tersebut didapatkan bahwa responden belum pernah menggunakan aplikasi pencarian restoran sebelumnya sebanyak 80%. Selain itu, penambahan informasi dan lokasi di beberapa restoran masih kurang lengkap. Dari hasil penelitian perancangan UI menggunakan metode User Centered Design terdapat kesimpulan, sebagai berikut: dari hasil User Persona terdapat goal yang harus dilakukan melalui perancangan aplikasi pencarian restoran, mengetahui kebutuhan pengguna sehingga menghasilkan User Interface dengan menu atau fitur berupa login, menu menambah, mengubah, dan menghapus daftar restoran, mencari restoran, melihat daftar restoran, menu melihat informasi restoran, melihat rute perjalanan, melihat peta lokasi, dan hasil pengujian usability menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS), mendapatkan skor rata-rata 77, yang artinya untuk UI aplikasi pencarian restoran masuk dalam kategori Good dengan grade scale C dan acceptable.

Subjek

INTERFACE APPLICATION
APPLICATION PROGRAMS,

Katalog

Perancangan Antar Muka Aplikasi Pencarian Restoran Berdasarkan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Restoran di Kota Padangsidimpuan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RENADHA BAGYS MASYAWA DILA
Perorangan
Yudi Priyadi, Monterico Adrian
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknologi Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini