ANALISIS KEAMANAN PADA BLUETOOTH LOW ENERGY (BLE): IMPLEMENTASI DI WIRELESS BODY AREA NETWORK (WBAN) MENGGUNAKAN WATCHDOG SEBAGAI INSTRUSION DETECTION SISTEM (IDS)

PRAMESTA KHARISMA KUSUMADANI

Informasi Dasar

22.04.771
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bluetooth Special Interest Group (SIG) telah mengembangkan Bluetooh Low Energi (BLE) yaitu salah satu protocol Bluetooth klasik dengan fitur utama konsumsi dayanya yang rendah. Namun, BLE masih rentan dalam segi keamanan. Oleh karena itu tugas akhir ini membuat Intrusion Detection System (IDS) berbasis signature yang memiliki kemampuan menganalisis perilaku sistem berdasarkan peraturan yang telah dibuat. Keuntungan menggunakan IDS berbasis signature adalah tidak adanya kesalahan dalam mendeteksi serangan yang telah dikenaliTugas akhir ini menggunakan BLE dengan jaringan mesh dan sensor DHT11 sebagai jaringan yang akan diuji. Pada BLE Mesh sendiri menggunakan library dari Espressif untuk mensupport jaringan mesh. Sensor DHT11 digunakan sebagai bentuk implementasi dari jaringan Wireless Body Area Network (WBAN). Topologi yang sudah dibangun akan dipantau oleh node watchdog. Watchdog adalah node IDS yang berbasis signature dengan tujuan memantau dan menganalisis lalu lintas jaringan. Node Watchdog menggunakan Raspberry Pi 3B+ yang telah diinstall Aplikasi IDS dan Wireshark. Setiap paket yang tertangkap oleh watchdog akan direkam menggunakan Wireshark. Kemudian Aplikasi IDS akan menganalisis lalu lintas dan memberikan peringatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa IDS yang dibangun mampu membaca log Wireshark berupa tangkapan lalu lintas Jaringan BLE serta dapat mengidentifikasi keadaan lalu lintas Jaringan BLE. Indikasi keadaan lalu lintas didasari dengan paket “Unknown” dan “Delta Time” yang bernilai 0µs. IDS mengindikasikan lalu lintas tersebut normal jika tidak terdeteksi paket “Unknown” dan “Delta Time” yang bernilai 0µs, sedangkan IDS mendeteksi gangguan jika terdeteksi paket “Unknown” dan tidak mendeteksi “Delta Time” yang bernilai 0µs. Kemudian IDS mendeteksi jaringan dalam keadaan diserang jika terdeteksi paket “Unknown” dan “Delta Time” yang bernilai 0µs. Selain itu IDS dapat memberikan informasi berupa jumlah paket dan waktu penangkapan paket dan jumlah paket yang menindikasikan serangan. Penelitian ini juga menghitung kualitas dari jaringan BLE dan hasil yang ditunjukkan bahwa jaringan BLE memiliki nilai rata-rata jitter 2µs dan rata-rata delay 3.7ms. Berdasarkan standar TIPHON, artinya Jaringan BLE yang dibentuk berkualitas sangat baik. Kata Kunci: Bluetooth Low Energy, Mesh Network, Signature-Based IDS, Watchdog

Subjek

WIRELESS - COMMUNICATIONS NETWORKS
NETWORK SECURITY,

Katalog

ANALISIS KEAMANAN PADA BLUETOOTH LOW ENERGY (BLE): IMPLEMENTASI DI WIRELESS BODY AREA NETWORK (WBAN) MENGGUNAKAN WATCHDOG SEBAGAI INSTRUSION DETECTION SISTEM (IDS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRAMESTA KHARISMA KUSUMADANI
Perorangan
IDA WAHIDAH, FARDAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini