IMPLEMENTASI BLOCKCHAIN UNTUK PENDATAAN DOKUMEN DIGITAL

TIMOTHY HARLIAN

Informasi Dasar

22.04.700
621.389 28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini banyak orang sudah mulai beralih dari dokumen secara fisik ke dokumen secara digital. Dokumen secara fisik mungkin hanya dibutuhkan ketika sedang mengurus hal-hal yang berbau administratif dan membutuhkan copy dari dokumen tersebut sebagai bukti fisik. Pada saat ini dokumen digital banyak diimplementasikan pada berbagai macam hal seperti sertifikat, piagam penghargaan, dan bahkan ijazah. Namun hal tersebut rawan akan pemalsuan dan jika hal tersebut dilakukan pendataan, akan sulit untuk dideteksi bila pada database ada yang mengubah data tersebut atau informasi mengenai data tersebut karena kurangnya transparansi.

Maka dari itu, blockchain bisa menjadi salah satu cara atau jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut. Karena blockchain unggul dalam hal transparansi data sehingga data tersebut akan terjaga validitasnya. Selain itu karena blockchain hanya menggunakan sistem read and write pada setiap transaksinya maka transaksitransaksi yang sudah dilakukan akan tetap ada dan tidak berubah.

Hasil yang didapat dari Tugas Akhir ini adalah, terciptanya aplikasi website berbasis blockchain menggunakan blockchain Ethereum, serta terkoneksi dengan jaringan Rinkeby Test Network sebagai jaringan blockchain. Aplikasi blockchain ini dapat melakukan input, retrieve, update, dan delete dengan keberhasilan black box testing sebesar 100% dan white box testing sebesar 100%. Pengujian performa untuk seluruh transaksi memiliki waktu paling lambat 6.04 detik dan paling cepat 93.32 detik.

Subjek

Security data
 

Katalog

IMPLEMENTASI BLOCKCHAIN UNTUK PENDATAAN DOKUMEN DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TIMOTHY HARLIAN
Perorangan
YUDHA PURWANTO, MUHAMMAD FARIS RURIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini