PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER, NET PROFIT MARGIN, DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

CONNY CITRA LESTARI TINAMBUNAN

Informasi Dasar

22.04.660
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan adalah suatu organisasi yang salah satu tujuannya yaitu untuk mendapatkan serta memaksimalkan laba. Kinerja suatu perusahaan dapat dilihat dari kondisi keuangan yang tercermin dalam laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaaan tersebut. Informasi yang tersedia dalam laporan keuangan salah satunya yaitu informasi laba dan dapat dilihat bagaimana pertumbuhan laba perusahaan yang terjadi. Setiap perusahaan berupaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan demi kelangsungan hidup perusahaannya sehingga perlu diupayakan dalam meningkatkan pertumbuhan laba setiap periode perusahaan. Pertumbuhan laba yang meningkat menandakan bahwa perusahaan memiliki tingkat kinerja yang bagus sehingga dapat menarik minat investor untuk menanamkan saham pada perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh secara simultan dan parsial antara current ratio, total asset turnover, net profit margin, dewan komisaris independen, dan komite audit terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan industri barang konsumsi subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Penelitian ini memiliki 52 data observasi yang diperoleh dari 13 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa current ratio, total asset turnover, net profit margin, dewan komisaris independen, dan komite audit berpengaruh secara simultan terhadap pertumbuhan laba. Secara parsial, net profit margin berpengaruh positif terhadap pertumbuhan laba, total asset turnover berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan laba sedangkan current ratio, dewan komisaris independen, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengevaluasi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan laba perusahaan. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi serta menambah wawasan dan pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi partumbuhan laba suatu perusahaan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para investor dalam membuat keputusan berinvestasi.

Kata Kunci: Current Ratio, Total Asset Turnover, Net Profit Margin, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Pertumbuhan Laba

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER, NET PROFIT MARGIN, DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CONNY CITRA LESTARI TINAMBUNAN
Perorangan
Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini