PENGARUH PROFITABILITAS, DIVERSIFIKASI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

ANNAJMI RIDMA WELINKA

Informasi Dasar

22.04.654
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu tujuan perusahaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan. Hal yang harus dilakukan agar tujuan tersebut tercapai adalah dengan memperhatikan keputusan pendanaan. Pendanaan dapat diperoleh memalui dana internal maupun dana eksternal. Kombinasi antara dana internal dan dana ekternal disebut struktur modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, diversifikasi, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dan struktur aktiva terhadap struktur modal. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan diperoleh sejumlah 95 sampel penelitian yang terdiri dari 19 perusahaan dengan lima tahun periode penelitian, yaitu 2016-2020. Model regresi yang digunakan adalah model regresi data panel dengan menggunakan software EViews 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, diversifikasi, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dan struktur aktiva secara simultan berpengaruh terhadap struktur modal. Secara parsial variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal, variabel diversifikasi dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, dan struktur aktiva berpengrauh positif signifikan terhadap struktur modal. Berdasarkan hasil penelitian, pihak manajemen perusahaan disarankan untuk meningkatkan strategi diversifikasi, dengan meningkatnya diversifikasi maka perusahaan akan lebih banyak menghasilkan keuntungan tetapi dengan tingkat uatng yang rendah. Perusahaan juga disarankan untuk meningkatkan kepimilikan saham oleh manajemennya agar dapat menghasilkan struktur modal yang optimal. Sedangkan jika perusahaan memiliki struktur aset yang tinggi dan tingkat utang yang tinggi pula, perusahaan diharapkan untuk menggunakan utangnya seefektif mungkin dengan memanfaatkan aset yang dimiliki perusahaan. Pihak investor disarankan untuk berinvestasi pada perusahaan yang memiliki tingkat diversifikasi tinggi dengan tingkat utang yang rendah dan kepemilikan manajerial yang tinggi pula, sehingga perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan yang didapat.

Kata Kunci: Diversifikasi, Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas, Struktur Aktiva, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, DIVERSIFIKASI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNAJMI RIDMA WELINKA
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini