Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Umur Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020)

SRI AYU WAHYUNI

Informasi Dasar

22.04.616
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tanggungjawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility sangatlah penting baik bagi perusahaan maupun masyarakat sekitar. Operasional perusahaan yang terus menerus berjalan memungkinkan adanya kerusakan pada alam baik langsung maupun secara tidak langsung. Jika perusahaan tidak mementingkan dampak dari proses operasi tersebut maka akan berdampak buruk bagi masyarakat, lingkungan maupun perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, umur perusahaan dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2020. Sampel yang dipilih yaitu berjumlah 6 perusahaan dalam kurun waktu 6 tahun sehingga data observasi yaitu sebanyak 36 data sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9. Hasil pengujian menunjukan bahwa profitabilitas, leverage, umur perusahaan dan ukuran dewan komisaris berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Secara parsial, leverage dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah negatif dan umur perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Berdasarkan hasil penelitian ini, bagi perusahaan disarankan untuk lebih meningkatkan dan memperhatikan pengungkapan corporate social responsibility baik di bidang ekonomi, sosial maupun lingkungan. Bagi investor disarankan untuk memperhatikan pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan sebagai salah satu penilaian yang menjadi pertimbangan untuk berinvestasi kedepannya.

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Umur Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SRI AYU WAHYUNI
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini