ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN ANALISIS STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY, DAN THREATS (SWOT) PADA USAHA KECIL KUE NY LINA DI KOTA BOGOR

MUHAMMAD FARHAN ABDULAZIZ

Informasi Dasar

22.04.551
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bisnis pada usaha kecil (UKM) Kue Ny Lina di Kota Bogor dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas yang terdiri dari 9 blok bangunan kanvas (customer segment, value proposition, channel, customer relationship, revenue stream, key resources, key activities, key partnership, dan cost structure) dan pengembangan strategi menggunakan Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threat) pada 4 dimensi Business Model Canvas yaitu dimensi proposisi nilai, dimensi biaya dan pendapatan, dimensi infrastruktur, dan dimensi hubungan pelanggan.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Business Model Canvas dan analisis SWOT oleh Osterwalder dan Pigneur (2012), dan Matriks TOWS oleh David (2015). Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan analisis kualitatif. Metode pegumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner.

Hasil penelitian ini menunjukan pada Business Model Canvas Kue Ny Lina saat ini masih menggunakan model bisnis yang konvesional. Pada analaisis SWOT dan Mariks TOWS menghasilkan strategi alternatif dimana Kue Ny Lina dapat melakukan digitalisasi dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi untuk mengembangkan bisnisnya. Hasil strategi alternatif tersebut menjadi landasan pada hasil Business Model Canvas yang baru dimana strategi pengembangan dilakukan pada semua blok bangunan dengan menerapkan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk untuk menjangkau customer segment yang lebih luas.

Kata kunci: strategi, model bisnis, Business Model Canvas (BMC), analisis SWOT.

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
BUSINESS PLANNING,

Katalog

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN ANALISIS STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY, DAN THREATS (SWOT) PADA USAHA KECIL KUE NY LINA DI KOTA BOGOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FARHAN ABDULAZIZ
Perorangan
KIKI SUDIANA, SISCA EKA FITRIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini