PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN TINGKAT LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

MUTIARA KUSNADI

Informasi Dasar

22.04.539
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan yang dapat mengimbangi antara modal pemilik dengan utang yang berasal dari eksternal perusahaan adalah perusahaan yang baik. Perusahaan yang baik itu perusahaan akan dapat menjaga eksistensinya di mata public dan investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan, dan tingkat likuiditas terhadap struktur modal pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan yang diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Pada penelitian ini populasi yang digunakan ialah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2020 Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 23 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun, sehingga diperoleh 115 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software E-views 9. Struktur modal memiliki rata-rata lebih besar daripada standar deviasi sehingga diartikan struktur modal tidak bervariasi atau berkelompok. Struktur aktiva memiliki nilai rata-rata lebih besar daripada standar deviasi sehingga dapat diartikan struktur aktiva tidak bervariasi atau berkelompok. Ukuran perusahaan memiliki nilai rata-rata lebih besar dari standar deviasi sehingga diartikan ukuran perusahaan bervariasi atau berkelompok. Tingkat likuiditas memiliki nilai rata-rata lebih kecil dari standar deviasi sehingga dapat data tingkat likuiditas bervariasi atau tidak berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan struktur aktiva (SA), ukuran perusahaan (SIZE), dan tingkat likuiditas (CR) terhadap struktur modal berpengaruh signifikan terhadap struktur modal (DER). Secara parsial, ukuran perusahaan dan tingkat likuiditas tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan, struktur aktiva berpengaruh terhadap struktur modal.

Kata Kunci: Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Tingkat Likuiditas dan Struktur Modal

Subjek

ACCOUNTING
INVESTMENT,

Katalog

PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN TINGKAT LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIARA KUSNADI
Perorangan
Deanes Isynuwardhana, RR.Sri Saraswati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini