Deteksi Kepadatan Kendaraan Berdasarkan Gas Karbon Monoksida Berbasis Internet of Things (Studi Kasus : Persimpangan Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung)

FEBRYAN HERNANDA MASHUDI

Informasi Dasar

22.04.504
004.678
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya jumlah kendaraan di kota Bandung selalu terjadi pada setiap tahunnya. Banyaknya aktivitas kendaraan tentu akan membuat kepadatan kendaraan pada suatu wilayah. Terjadinya kepadatan kendaraan akan membuat tingginya polusi yang terjadi pada wilayah tersebut. Polusi yang dihasilkan merupakan gas karbon monoksida (CO) yang berasal dari emisi gas buang kendaraan. Dalam penelitian tugas akhir ini, bertujuan untuk mendeteksi status kepadatan kendaraan yang terdapat di persimpangan Soekarno-Hatta kota Bandung. Perangkat mikrokontroler NodeMCU, sensor MQ7 dan sensor DHT11 akan digunakan untuk pengambilan data gas karbon monoksida, suhu, dan kelembaban di wilayah persimpangan Soekarno-Hatta kota bandung. Metode naïve bayes digunakan untuk proses klasifikasi dalam memprediksi status kepadatan kendaraan berdasarkan parameter gas karbon monoksida. Terdapat 3 parameter status kepadatan yang dihasilkan yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, perangkat yang telah dibangun dapat mendeteksi kadar gas karbon monoksida, dan penggunaan metode naive bayes dalam memprediksi status kepadatan memiliki akurasi sebesar 88,95% dari dataset yang berjumlah 603 data.

Kata kunci: kepadatan kendaraan, nodemcu, sensor mq7, sensor dht11, karbon monoksida, naive bayes

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Deteksi Kepadatan Kendaraan Berdasarkan Gas Karbon Monoksida Berbasis Internet of Things (Studi Kasus : Persimpangan Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRYAN HERNANDA MASHUDI
Perorangan
Maman Abdurohman, Erwin Budi Setiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini