Analisis dan Pengujian dengan Menggunakan Metode Boundary Value Analysis dan Metode Equivalence Partitioning (Studi Kasus: Aplikasi Homelab)

HOSEA ALBERT SAULOMAN HUTAPEA

Informasi Dasar

22.04.499
005.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aplikasi Homelab merupakan aplikasi pendukung belajar yang menjadikan mahasiswa Telkom University sebagai target user yang ditargetkan. Aplikasi ini memiliki tujuan utama untuk membantu mahasiswa Telkom University dalam belajar maupun kesulitan dalam mengerjakan tugas perkuliahan dan sulit untuk mendapatkan jawaban yang ingin diketahui. Pertanyaan yang dibuat perlu disertakan dengan point yang diberikan untuk penjawab yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Sebelum aplikasi Homelab masuk pada tahap deploy ke perangkat selular, diperlukan pengujian pada aplikasi Homelab. Pengujian dilakukan untuk menguji kesesuaian antara tujuan aplikasi dibuat dengan fungsi – fungsi yang ada pada di aplikasi Homelab. Pengujian Perangkat Lunak (Software Testing) merupakan tahapaan proses pelaksaanaan suatu program yang bertujuan untuk menemukan suatu kesalahan terhadap aplikasi. Teknik pengujian yang digunakan adalah metode Boundary Value Analysis (BVA). Boundary Value Analysis merupakan salah satu teknik dalam metode pengujian black box yang fokus pada proses masukan dengan menguji nilai batas atas dan nilai batas bawah, pada setiap data masukan. Data - data masukan dalam sebuah form terkait dengan atribut – atribut dalam class diagram yang terkait dengan form tersebut. Jadi, kasus test uji dibuat berdasarkan atribut selengkapnya yang ada pada class – class dalam Class Diagram. Diagram lain dalam UML diperhatikan dalam rangka mengevaluasi seluruh fungsionalitas aplikasi. Dalam hasil pengujian terdapat form – form yang gagal uji antara lain Form Login, Form Registrasi, Form Update Profil dan Form Change Password. Kata kunci : Software Testing, BlackBox Testing, Boundary Value Analysis, Class Diagram, Test Case

Subjek

Software testing
APPLICATION PROGRAMS,

Katalog

Analisis dan Pengujian dengan Menggunakan Metode Boundary Value Analysis dan Metode Equivalence Partitioning (Studi Kasus: Aplikasi Homelab)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HOSEA ALBERT SAULOMAN HUTAPEA
Perorangan
Yudi Priyadi, Eko Darwiyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknologi Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini