PENGOLAHAN MOTIF MENGGUNAKAN TEKNIK ROTATION ESCHER DENGAN INSPIRASI RAGAM HIAS BATIK MADURA UNTUK DIAPLIKASIKAN PADA PRODUK FASHION

RANIA NURUL LATIFAH

Informasi Dasar

22.04.465
646.407 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berangkat dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Jeremi Samuel tentang Pengolahan Motif Menggunakan Teknik Escher Dengan Inspirasi Ragam Hias Tenun Ikat Hinggi Sumba Untuk Diaplikasikan Pada Busana Ready-to-Wear, bahwa ditemukan salah satu teknik Escher yaitu teknik rotation yang belum diolah dengan baik karena membutuhkan ketelitian lebih tinggi dan perhitungan matematis tersendiri dibandingkan dengan teknik lainya, sehingga hal ini dapat dijadikan sebuah penelitian untuk diteliti lebih lanjut. Pengolahan teknik rotation Escher dilakukan dengan menggunakan bentuk non-geometris sebagai modul dan bentuk geometris sebagai hasil komposisi motif. Disisi lain terdapat salah satu wastra Indonesia yang juga menggunakan unsur non-geometris dan prinsip matematika sebagai salah satu komposisinya yaitu kain Batik Madura. Kedua hal tersebut dapat dijadikan sebagai potensi pengolahan motif menggunakan teknik rotation Escher dengan inspirasi kain batik Madura.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi visual objek pada teknik rotation Escher dan juga kain Batik Madura. Selanjutnya melakukan pengolahan motif secara digital menggunakan teknik rotation Escher dengan inspirasi kain Batik Madura.

Hasil akhir berupa variasi bentuk modul motif non-geometri dengan komposisi akhir geometri berupa modifikasi teknik rotation Escher dengan memanfaatkan potensi visual kain nusantara batik Madura sebagai inovasi dalam membuat produk fashion. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan inovasi motif sebagai inspirasi di dunia seni dan desain khususnya bagi para seniman dan juga designer.

Kata kunci: Motif, Tessellation, Rotation Escher, Batik Madura.

Subjek

PATTERN DESIGN
 

Katalog

PENGOLAHAN MOTIF MENGGUNAKAN TEKNIK ROTATION ESCHER DENGAN INSPIRASI RAGAM HIAS BATIK MADURA UNTUK DIAPLIKASIKAN PADA PRODUK FASHION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANIA NURUL LATIFAH
Perorangan
MORINTA ROSANDINI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini