PERANCANGAN PERBAIKAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN GAME CITAMPI STORIES MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)

DYAH PUTRI SARASWARI

Informasi Dasar

22.04.416
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya pertumbuhan game mobile memicu tingkat persaingan pada perusahaan penerbit dan pengembang game mobile untuk mencapai target pasar. Hal ini terjadi pada Citampi Stories yang merupakan salah satu game mobile bergenre role player game (RPG) buatan penerbit lokal Indonesia. Citampi Stories dibuat dan dikembangkan oleh sebuah pengembang game asal Bandung Jawa Barat bernama Ikaan Studio. Namun sejak diluncurkan pada tahun 2019 lalu, Citampi Stories belum mampu menjadi produk unggulan dalam toko online App Store dan Play Store. Untuk meningkatkan brand awareness, Citampi Stories telah menerapkan beberapa komunikasi pemasaran namun dalam penerapannya masih belum optimal. Tugas akhir ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi terbaik pada komunikasi pemasaran Citampi Stories untuk meningkatkan brand awareness dan jumlah unduh Citampi Stories dengan menggunakan metode benchmarking dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Dengan menggunakan metode benchmarking dengan kompetitor terbaik maka didapatkan rancangan terbaik untuk mengoptimalkan komunikasi pemasaran Citampi Stories. Rekomendasi rancangan ini diharapkan mampu membantu Citampi Stories untuk meningkatkan jumlah unduh dan brand awareness. Rekomendasi komunikasi pemasaran yang dirancang dan diusulkan kepada Citampi Stories adalah meningkatkan jumlah unduh aplikasi , menambah partner press release, memperluas cakupan festival, menggunakan jenis promosi price off packs di dalam game, membangun website untuk Citampi Stories dengan kualitas kecepatan yang baik, meningkatkan rating aplikasi, memperkuat social mention di sosial media, meningkatkan pengikut di halaman Facebook, membangun Twitter untuk Citampi Stories, menggunakan e-mail blast, dan meningkatkan ranking Citampi Stories untuk mencapai top picks di toko aplikasi online.

Kata kunci : Citampi Stories, Benchmarking, Analytical Hierarchy Process, Komunikasi Pemasaran, Mobile Game

Subjek

INDUSTRIAL MARKETING
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN GAME CITAMPI STORIES MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DYAH PUTRI SARASWARI
Perorangan
Sari Wulandari, Ima Normalia K
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini