Perancangan Ulang Kantor Jasa Angkut Batu Bara

KATRISHA RAMADHANTY

Informasi Dasar

22.04.392
747
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PERANCANGAN ULANG KANTOR JASA ANGKUT BATU BARA

Katrisha Ramadhanty Desain Interior, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan Buah Batu, Sukapura, Bandung, Jawa Barat 40257

Kantor adalah sebutan untuk perusahaan yang dijalankan secara rutin pada sebuah ruangan, gedung, rumah, ataupun kamar. Salah satunya adalah kantor swasta di bidang jasa angkut batu bara yang berada di gedung bertingkat dan berlokasi di pusat perkantoran Jakarta SCBD, Gedung Treasury Tower. Kantor Jasa Angkut Batu Bara ini berpusat di Banjarmasin, dan membuka kantor cabang di Jakarta tahun 2016. Fenomena yang terjadi pada Kantor Jasa Angkut Batu Bara adalah kantor ini membuka cabangnya di Jakarta atas keputusan dari kantor pusat karena, banyak klien- klien dari kantor ini yang berada di Jakarta. Sebelum buka kantor cabang di Jakarta klien kantor ini harus ke Banjarmasin untuk membahas tentang tender-nya, hal ini membuat proyek-proyek menjadi terhambat. Setelah membuka cabang di Jakarta, proyek yang dijalankan Kantor Jasa Angkut Batu Bara ini menjadi semakin mudah dikerjakan. Kantor ini memiliki 6 lantai dan masing-masing lantai memiliki 1 divisi yang berbeda setiap lantainya. Perancangan kantor ini di buat untuk mewujudkan keinginan-keinganan dari pengguna kantor dari mulai sirkulasi, konsep desain, fasilitas, layouting, dan kebutuhan-kebutuhan pengguna. Tujuan perancangan kantor ini adalah untuk menciptakan ruang kerja yang sesuai dengan masing- masing divisi, menciptakan layouting dengan clean design dan memperbaiki keadaan kantor yang masih banyak kekurangannya agar lebih nyaman untuk pengguna seperti karyawan yang bekerja dari pagi sampai malam bahkan lembur di kantor.

Dalam perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif. Pendekatan pada perancangan ini adalah aktivitas dan perilaku manusia sesuai dengan permasalahan yang ada. Perancangan ini menganalisa dari hasil studi banding dengan kantor batu bara yang ada di Jakarta, sesuai dengan permasalahannya perancangan ini lebih menganalisa dari segi aktivitas, fasilitas, sirkulasi, persyaratan umum ruang, kantor sesuai dengan covid, dan konsep visual. Dari hasil permasalahan dan analisis yang ada, perancangan dari kantor jasa angkut batu bara ini menggunakan penggayaan Industrial, tema Suitability on office dan konsep Hierarchical design. Tema dipilih karena sesuai dengan keinganan para pengguna kantor yang ingin ruang kantornya sesuai dengan kebutuhan dan keinganan sertiap pengguna kantor, dari mulai sirkulasi, furnitur, dan fasilitas kantor. Konsep dipilih berdasarkan hasil dari Analisa kantor yang memiliki 6 lantai dan 6 divisi yang berbeda, dan di setiap lantainya memiliki divisi sesuai dengan tingkatan derajat pada kantor ini.

Kata Kunci: Kantor, Aktivitas, Kesesuaian.

Subjek

DESAIN INTERIOR
 

Katalog

Perancangan Ulang Kantor Jasa Angkut Batu Bara
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KATRISHA RAMADHANTY
Perorangan
M. TOGAR MULYA RAJA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini