IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK WIRAUSAHA YANG MENUNJANG KEBERHASILAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (Studi pada Scoffee Coffee Legend)

ANNISA MURTISARI DEWI

Informasi Dasar

22.04.297
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Minat untuk menjadi wirausahawan dengan membentuk bisnis baru berskala Mikro, Kecil, dan Menengah semakin meningkat. Seorang wirausahawan bernama Ahmad Kafrawi berhasil dalam membuat sebuah usaha kuliner berskala kecil yaitu Scoffee Coffee Legend. Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari peran seorang CEO yang telah sukses mengelola bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik wirausahawan yang menunjang keberhasilan usaha pada Scoffee Coffee Legend. Fenomena dalam penelitian ini dieksplorasi dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan data adalah dengan wawancara secara mendalam dengan melibatkan enam narasumber atau informan, yaitu satu informan kunci yang merupakan CEO Scoffe dan lima informan pendukung yang merupakan karyawan Scoffe. Hasil penelitian ini menunjukan seluruh sub-variabel karakteristik wirausahawan merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Dalam hal ini teridentifikasi ada 11 karakteristik wirausahawan yang dimiliki oleh CEO SCoffee Coffee Legend yaitu, memiliki motovasi berprestasi, selalu perspektif, memiliki daya cipta tinggi, memiliki perilaku inovatif tinggi, memiliki komitmen dalam pekerjaan, memiliki etos kerja dan tanggung jawab, berani menghadapi resiko, mempu mencari peluang, memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki kemampuan manajerial, serta memiliki kemampuan personal terutama dalam kemampuan komunikasi dan mencari relasi. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan mengenai karakteristik wirausahawan yang menunjang keberhasilan usaha terutama bagi usaha kecil dan juga baru di rintis terutama bisnis coffee shop.

Kata Kunci: UMKM , wirausahawan, karakteristik wirausahawan.

Subjek

Entrepreuneurship-small business
 

Katalog

IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK WIRAUSAHA YANG MENUNJANG KEBERHASILAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (Studi pada Scoffee Coffee Legend)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA MURTISARI DEWI
Perorangan
JURRY HATAMMIMI, MEDIANY KRISEKA PUTRI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomuniksi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini