Analisis Perbandingan Reaksi Pasar Modal terhadap Publikasi Putusan dan Pencabutan Putusan Pailit Telkomsel (Studi Kasus Sub Sektor Telekomunikasi di BEI Tahun 2012)

FITRI HARDINI APRILLIA

Informasi Dasar

13.04.584
332.041 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Risiko investasi di pasar modal pada prinsipnya sangat terkait erat dengan terjadinya volatilitas harga saham, dimana naik turunnya harga saham ini dipengaruhi oleh informasi. Suatu informasi akan mendapatkan reaksi pasar hanya apabila informasi memiliki kandungan nilai ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reaksi pasar modal terhadap peristiwa yag dipublikasikan, dalam hal ini peristiwa putusan dan pencabutan putusan pailit Telkomsel pada 14 September 2012 dan 21 November 2012. Reaksi pasar modal dilihat dari kandungan informasi dan kecepatan reaksi pasar merespons informasi yang diterima. Untuk menguji kandungan informasi dan kecepatan reaksi penelitian ini menggunakan abnormal return dan trading volume activity sebagai indikator reaksi pasar modal. Pengujian reaksi pasar menggunakan pendekatan metode event study dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dari saham sub-sektor Telekomunikasi Bursa Efek Indonesia. Periode pengamatan dilakukan selama 21 hari kerja bursa yang terdiri dari 10 hari pre-event, 1 hari event date dan 10 hari post event. Abnormal return diperoleh dari selisih antara actual return dan expected return. dalam penelitian ini penulis menggunakan salah satu mode perhitungan expected return yaitu market-adjusted model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat abnormal return di sepanjang periode pengamatan tetapi tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Perbedaan rata-rata abnormal return dan trading volume activity juga tidak menunjukkan perbedaan secara signifikan sebelum dan sesudah peristiwa. Seiring dengan hasil pegujian abnormal return dan trading volume activity, pengujian terhadap reaksi pasar modal tidak menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan antara kedua peristiwa yaitu putusan dan pencabutan putusan pailit Telkomsel.

Keywords : Pasar Modal, Efficient Market Hypothesis, Event Study, Abnormal Return , Trading Volume Activity

Subjek

CAPITAL MARKETS
TRADE - VOLUME, RETURN, INFORMATION - ANNOUNCEMENT

Katalog

Analisis Perbandingan Reaksi Pasar Modal terhadap Publikasi Putusan dan Pencabutan Putusan Pailit Telkomsel (Studi Kasus Sub Sektor Telekomunikasi di BEI Tahun 2012)
 
x, 120p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRI HARDINI APRILLIA
Perorangan
Irni Yunita
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom, MBTI
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini