RANCANG BANGUN PROSES BISNIS MATERIAL MANAGEMENT UNTUK AKTIVITAS PROCUREMENT PADA INDUSTRI TAMBANG EMAS MENGGUNAKAN SAP S/4HANA (STUDI KASUS PT XYZ)

DHUHADMYA ANGGIYA KIRANA

Informasi Dasar

22.04.242
658.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SAP menyediakan banyak modul, contohnya adalah modul material management. Merupakan modul yang digunakan untuk pengelolaan inventory dan sebagai proses dari procurement. Modul material management akan berhubungan dengan modul lainnya seperti, controlling, purchasing, dan plant management. Procurement merupakan proses untuk mengatur jalannya proses inventory sampai nantinya terbentuk invoice receipt. Proses pencatatan pengadaan barang atau procurement juga harus dilakukan secara akurat dan real-time agar tidak terjadi aktivitas yang telat. Kegiatan procurement perlu dilakukan seacara real-time karena tiap prosesnya saling berhubungan, adanya modul material management dapat membantu untuk mengurangi resiko terjadinya kesalahan pendataan pengadaan barang dan produksi dan dapat dengan mudah dikontrol melalui satu sistem. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang mining dan memiliki banyak anak perusahaan, agar dapat mengelola seluruh kegiatan dan proses operasional terutama di dalam procurement maka diperlukan untuk mengimplementasi ERP modul material management agar dapat mengurangi resiko kesalahan atau keterlambatan informasi suatu aktivitas atau proses yang berjalan tiap harinya. Nantinya dapat dengan mudah terintegrasi dengan modul lain dan mendapatkan informasi secara akurat dan real-time berbasis komputer. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi SAP modul material management pada procurement process menggunakan metode accelerated SAP (ASAP). Kata kunci: Implementasi SAP, ERP, Accelerated SAP (ASAP), Material Management, Procurement Process.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

RANCANG BANGUN PROSES BISNIS MATERIAL MANAGEMENT UNTUK AKTIVITAS PROCUREMENT PADA INDUSTRI TAMBANG EMAS MENGGUNAKAN SAP S/4HANA (STUDI KASUS PT XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHUHADMYA ANGGIYA KIRANA
Perorangan
Muhardi Saputra, Warih Pustpitasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini