PENGARUH DISCLOSURE, KONDISI KEUANGAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

CAMILA ZABRINA

Informasi Dasar

22.04.211
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI

Perusahaan yang mempunyai peluang untuk mendapatkan opini audit going concern dari auditor independen adalah jika perusahaan tersebut mengalami kemunduran usaha berupa kerugian secara berturut turut. Sulitnya memprediksi kelangsungan hidup sebuah perusahaan merupakan masalah yang sering muncul sehingga banyak auditor yang mengalami dilema antara moral dan etika dalam memberikan opini going concern. Auditor bertanggungjawab untuk menilai apakah terdapat kesangsian besar terhadap kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya (going concern) dalam periode waktu tidak lebih dari satu tahun sejak tanggal laporan audit. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi opini audit going concern adalah disclosure, kondisi keuangan, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris secara simultan maupun parsial mengenai Pengaruh Disclosure, Kondisi Keuangan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2016-2019). Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Non Probability Sampling yang mana 28 perusahaan terpilih sebagai responden. Data yang diolah adalah data sekunder melalui website Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel adalah regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disclosure, kondisi keuangan, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap opini audit going concern. Sedangkan secara parsial kondisi keuangan berpengaruh negatif terhadap opini audit going concern. Disclosure, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Penelitian ini diharapkan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi opini audit going concern, selain itu penelitian ini dapat dijadikan wawasan untuk memprediksi opini audit going concern yang dipengaruhi oleh disclosure, kondisi keuangan, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan. Oleh karena itu, diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai disclosure, kondisi keuangan, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan pengaruh antara variabel terhadap opini audit going concern.

Kata Kunci: Disclosure, Kondisi Keuangan, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Going Concern

Subjek

Auditing
 

Katalog

PENGARUH DISCLOSURE, KONDISI KEUANGAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CAMILA ZABRINA
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini