PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI GAME PENGENALAN WAYANG UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PENGGUNA DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

NAURATUL ULFAH

Informasi Dasar

22.04.161
794.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bangsa Indonesia memiliki banyak keragaman dan keunikan yang berbeda-beda di setiap wilayah, seperti budaya, agama, Bahasa dan kebudayaan lokal. Maka dari keberagaman yang banyak terciptalah keunikan dan ciri khas dari berbagai budaya- budaya di setiap pulau atau wilayah di Indonesia. Semakin berkembangnya zaman pada masa modern ini pengenalan budaya sudah semakin jarang pada akhir-akhir ini, padahal budaya itu kalau dikenali banyak sejarah dan informasi yang kita dapatkan. Kebudayaan yang harus di lestarikan salah satunya adalah Kesenian Pewayangan. Wayang merupakan salah satu jenis kesenian yang berjenis kesenian Sunda yang termasuk kedalam jenis seni pertunjukan. Agar pengenalan ini lebih bagus dan menarik dikalangan anak-anak Sekolah Dasar dengan usia 7-12 tahun maka dibuatlah dengan cara berbeda, yaitu dengan membuat sebuah game bertema wayang dengan menggunakan smartphone berbasis android. Di era industry 4.0 sekarang perkembangan ilmu semakin cepat bekembang apalagi dengan kehadiran teknologi dan internet yang sudah semakin bagus dan membuat perubahan dalam kehidupan masyarakat bisa melakukan komunikasi secara luas dengan penggunaan smartphone. Tujuan dari penelitian ini merancang solusi desain user interface (UI) berdasarkan hasil analisis user experience (UX) untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Dalam pengembangan aplikasi game wayang dapat mempermudah pengguna, mendapat respon dari interaksi dan mengetahui pengguna. Dalam perancangan penelitian ini menggunakan metode user centered design, yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Evaluasi yang digunakan adalah usability testing mission usability score (MAUS) dan maze didapatkan nilai Maze usability score 87 yang masuk kategori tinggi.

Kata kunci: UI/UX, User Centered Design, Aplikasi Game Wayang, usability testing.

Subjek

GAMES DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI GAME PENGENALAN WAYANG UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PENGGUNA DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAURATUL ULFAH
Perorangan
WARIH PUSPITASARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini