Analisis Pengaruh BI Rate, Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan Terhadap Penyaluran Kredit Perbankan (Studi pada Bank Umum di Indonesia Tahun 2007-2011)

APRILYA FITRIANI

Informasi Dasar

13.04.563
332.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bank sebagai lembaga keuangan memiliki fungsi intermediary yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut dalam bentuk kredit. Kredit yang berhasil disalurkan oleh bank dapat membantu mengembangkan sektor perekonomian. Penyaluran kredit perbankan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal perbankan seperti kinerja keuangan perbankan dan regulasi/kebijakan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh BI Rate, Dana Pihak Ketiga, dan Non Performing Loan Terhadap Penyaluran Kredit Perbankan secara simultan maupun parsial dengan studi pada bank umum di Indonesia tahun 2007 hingga 2011 agar pihak perbankan mampu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi penyaluran kredit mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode regresi data panel yang menggunakan model Random Effect. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji koefisien determinasi, uji signifikansi simultan (uji statistik F), dan uji signifikansi parameter individual (uji statistik t). Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu BI Rate, Dana Pihak Ketiga, dan Non Performing Loan secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 77,27% terhadap penyaluran kredit pada bank umum tahun 2007 sampai dengan tahun 2011. Selain itu hasil pengujian secara parsial juga menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas yaitu BI Rate, Dana Pihak Ketiga, dan Non Performing Loan berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit bank umum tahun 2007 hingga tahun 2011. Keyword: bank umum, penyaluran kredit, BI Rate, dana pihak ketiga, non performing loan, random effect.

Subjek

CREDIT FUNCTIONS OF BANKS
INTEREST RATES, LOANS-BANKING SERVICES, BANKING

Katalog

Analisis Pengaruh BI Rate, Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan Terhadap Penyaluran Kredit Perbankan (Studi pada Bank Umum di Indonesia Tahun 2007-2011)
 
xiii, 93p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

APRILYA FITRIANI
Perorangan
Norita
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini