PENGOLAHAN MOTIF DENGAN TEKNIK POLA SIMETRI MENGGUNAKAN BENTUK AKSARA LONTARA PADA PRODUK FESYEN

NUR FAIZAH AGUS SALIM

Informasi Dasar

22.04.056
746
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berbagai macam teknik untuk mengolah motif pada tekstil, salah satunya teknik pola simetri. Dalam pengolahan motif dengan teknik pola simetri, memiliki elemen yang berunsur geometri atau non-geometri dan berbentuk asimetris atau simetris. Aksara Lontara yang memiliki bentuk asimetris dan berunsur non-geometri dijadikan bentuk elemen dalam pengolahan motif yang berpotensi untuk menghasilkan motif yang bervariasi.

Penelitian ini menggunakan metode campuran, metode kuantitatif berdasarkan perhitungan pada saat eksperimen dan kualitatif dengan melakukan observasi penggunaan pola motif dengan teknik pola simetri juga elemen aksara Lontara dan studi pustaka mengenai teknik pola simetri dan aksara Lontara. Dilanjutkan dengan proses eksperimen pengolahan motif menggunakan teknik pola simetri yang bentuk elemennya terinspirasi dari aksara Lontara secara digital dengan empat operasi dasar dari pola simetri.

Penelitian ini menghasilkan variasi motif baru yang menggunakan teknik pola simetri dikomposisikan secara planar dengan bentuk elemen asimetris dan berunsur non-geometri yang menggunakan bentuk dari aksara Lontara dengan memiliki penggayaan etnik ukiran toraja. Teknik yang digunakan adalah teknik pola simetri dikomposisikan secara planar menggunakan bentuk aksara lontara. Hasil ekplorasi pengolahan motif diaplikasikan ke busana Ready-to-wear wanita berupa scarf outer dengan judul Malebbi’ yang bergaya casual, etnik dan modern

Kata kunci : Aksara Lontara, Etnik ukiran toraja, Motif, Planar, Pola Simetri, Ready-to-wear.

Subjek

TEXTILE DESIGN
 

Katalog

PENGOLAHAN MOTIF DENGAN TEKNIK POLA SIMETRI MENGGUNAKAN BENTUK AKSARA LONTARA PADA PRODUK FESYEN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUR FAIZAH AGUS SALIM
Perorangan
MORINTA ROSANDINI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini