Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan dan Perhitungan Penyusutan Aset Tetap menggunakan Metode Garis Lurus (Studi Kasus: CV. KOJO GROUP INDONESIA, Bandung, Jawa Barat)

LARA LOVITA

Informasi Dasar

22.06.015
657
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

CV KOJO GROUP INDONESIA atau yang lebih dikenal dengan KOJO CLOTH merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang konveksi. KOJO terletak di Komplek Permata Biru, Jalan Permata III Blok K 72, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan, KOJO menggunakan beberapa aset tetap untuk mengelola dan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Semua aset dalam perusahaan manufaktur ini dibeli secara tunai tanpa ada prosedur atau keterlibatan orang khusus dalam membelinya dan masih membeli dengan cara konvensional. Perusahaan juga mencatat semua pengelolaan atas aktiva tetap secara manual dengan menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Excel dan Googel Spreedsheet. Hal ini rentan terhadap kesalahan dan ketidaktepatan. Jika terjadi kesalahan dalam pencatatan atau perhitungan, perusahaan akan mengalami kerugian yang berdampak pada kinerja sebuah perusahaan. Pengelolaan aset tetap secara manual juga banyak memakan waktu dan tenaga. Dengan adanya permasalah tersebut, dibuatlah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat melakukan pengelolaan atas aktiva tetap mulai dari pencatatan, perbaikan, dan pemeliharaan aktiva tetap serta menghitung penyusutan aktiva tetap dengan menggunakan metode garis lurus. Proses perancangan digambarkan dalam Usecase Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram dan Entity Relationship Diagram. Aplikasi berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dengan Framework Codeigniter dan menggunakan Database MYSQL. Metode pengerjaan yang digunakan adalah metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan metode waterfall sebagai model pengembangan dalam membangun aplikasi. Pengujian fungsionalitas menggunakan metode Pengujian Manual, Pengujian Aplikasi dan Black Box Testing.

Kata Kunci: Aplikasi, Aset Tetap, Penyusutan metode Garis Lurus

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan dan Perhitungan Penyusutan Aset Tetap menggunakan Metode Garis Lurus (Studi Kasus: CV. KOJO GROUP INDONESIA, Bandung, Jawa Barat)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LARA LOVITA
Perorangan
Irna Yuniar, Nelsi Wisna
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini