Klasifikasi Jenis Makanan Jajanan Indonesia Menggunakan Deep Learning Dengan Convolutional Network

RAIHAN FATURRAHMAN

Informasi Dasar

22.06.010
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Makanan jajanan tradisonal adalah makanan khas tradisional yang sampai sekarang masih ada yang biasanya di gunakan pada acara tradisi, perkawinan, dan lainnya. Sebagian masyarakat menganggap makanan jajanan tradisional ketinggalan zaman hingga beralih ke makanan yang modern. Makanan jajanan tradisonal juga merupakan warisan dari nenek moyang kita dan sebagai penerus bangsa kita tetap meneruskan dan tetap di lestarikan. Oleh karena itu, seiring berkembangnya teknologi terutama pada bidang kecerdasan buatan Artificial Intellegence (AI) memiliki manfaat yang besar. Salah satu cabang dari AI yaitu Machine Learning. Di mana mengajari mesin layaknya dapat berfikir seperti manusia. Salah satu pendekatan ML yaitu Deep Learning, Di mana mampu melakukan pembelajaran lebih dalam.

Deep learning merupakan bagian kecerdasan buatan dan Machine learning yang dapat berfungsi mendeteksi objek pengenalan suara dan sebagainya. Di dalam sistem Deep learning yang di gunakan untuk pengenalan objek yaitu Convolutional network (CNN). CNN tersusun beberapa layer yaitu Convolutional layer, Pooling layer dan Fully Connected layer.

Pada penelitian ini, di lakukan mengklasifikasikan jenis makanan jajanan yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan metode yang digunakan adalah transfer learning untuk melatih ulang CNN untuk mengklasifikasikan citra jenis makanan jajanan Indonesia, serta output yaitu mendapatkan nilai akurasi yang tinggi, confusion matrix dan resource layer yang sedikit atau kecil. Dari hasil pengujiannya akan mendapatkan hasil terbaik nilai precision, recall, dan f1-score dari masing-masing base model yang digunakan. Kata kunci : Transfer Learning , Deep Learning, Convolutional Neural Network, Machine Learning

Subjek

PROGRAMMING FOR LIBRARY
 

Katalog

Klasifikasi Jenis Makanan Jajanan Indonesia Menggunakan Deep Learning Dengan Convolutional Network
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAIHAN FATURRAHMAN
Perorangan
Yuli Sun Hariyani, Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini