ANALISIS PENGARUH THEORY OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Mayarakat Generasi Y di Kota Bandung)

RADITYO PRANANDARU

Informasi Dasar

22.04.019
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Membangkitkan kembali pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid- 19 merupakan hal yang penting saat ini. Saat ini, generasi Y menjadi kelompok usia yang memiliki potensi dan peluang wirausaha yang sangat besar untuk membantu membangkitkan ekonomi atas dampak pandemi covid-19. Niat merupakan faktor penting dalam mengidentifikasi motivasi dan karakteristik seseorang dalam membangun kegiatan kewirausahaan. Hal tersebut didukung oleh teori perilaku yang direncanakan (TPB) yang menyoroti bahwa niat adalah faktor utama yang dapat memotivasi perilaku manusia. Penelitian ini dilakukan di Bandung dengan menggunakan pendekatan theory of planned behavior sebagai variabel independen dan niat berwirausaha sebagai variabel dependen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap terhadap perilaku, norma subjektif dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap niat berwirausaha pada masyarakat generasi Y di Kota Bandung. Teknik dalam penentuan anggota sampel menggunakan teknik Non Probablity Sampling dengan 400 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada masyarakat generasi Y di Kota Bandung dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel sikap terhadap perilaku (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha thitung (7,204) > ttabel (1,965). Selain itu pada variabel norma subjektif (X2) secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap niat berwirausaha dengan nilai thitung (2,237) > (1,965) dan variabel kontrol perilaku yang dirasakan (X3) berpengaruh secara parsial terhadap niat berwirausaha dengan nilai thitung (3,801) > ttabel (1,965) . Pada hasil uji koefisien determinasi (uji R2) diperoleh 0,315. Hal ini menunjukan sikap terhadap perilaku, norma subjekti dan control perilaku yang dirasakan berpengaruh terhadap niat berwirausaha sebesar 28,8% dan sisanya 71,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Oleh karena itu, keyakinan terhadap dukungan baik itu dari orang tua, teman, atau saudara dianggap sangat penting dalam membantu masyarakat generasi Y untuk mendapatkan kepercayaan diri yang lebih baik untuk berwirausaha. Kata Kunci: Theory of Planned Behavior, Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku yang Dirasakan, Niat Berwirausaha

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH THEORY OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Mayarakat Generasi Y di Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RADITYO PRANANDARU
Perorangan
ELVIRA AZIS
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini