PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP REKTANGULAR PADA FREKUENSI X-BAND UNTUK ELECTRONIC SUPPORT MEASURE (ESM)

MUHAMMAD FAISAL BUDIMAN

Informasi Dasar

22.04.005
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Electronic Support Measure adalah peralatan elektronik yang berfungsi sebagai pendeteksi sinyal gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh musuh, alat ini biasa digunakan dalam bidang militer guna melindungi suatu wilayah agar musuh yang ingin memasuki kawasan secara ilegal dapat dicegah. ESM ini mempunyai rentang frekuensi 2-18 GHz, Gain 1-8 dBi, dengan pancaran pola radiasi Omnidirectional atau Unidirectional, komponen utama pada ESM adalah Antenna, Receiver, dan Signal Processor.

Pada Tugas Akhir ini dirancang Antena mikrostrip patch rectangular pada frekuensi X-Band (8-12 GHz), Spesifikasi yang disusun yaitu Omnidirectional dan polarisasi Elips. Patch Rectangular dipilih karena mudah difabrikasikan, bentuknya yang sederhana dan mudah sekali untuk dibuat. Namun memiliki kekurangan yaitu bandwidth nya yang kecil.

Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah FR-4 Epoxy. Teknik pencatuan yang digunakan adalah Microstrip Feed Line yang diparalelkan menjadi 3 saluran, untuk penentuan dimensi nya telah dilakukan perhitungan secara teoritis dan proses optimasi menggunakan Software . Pada hasil akhir perancangan antenna pada frekuensi tengah nya yaitu 10 Ghz diperoleh VSWR 1,475, Gain 4,578 ????????????, Return Loss?14,337 ???????? dengan Bandwidth 4 GHz serta polarisasi sebesar 31,6227 dB yang menjadikan antenna ini berpolarisasi elips. Dengan hasil seperti tersebut maka antena ini memenuhi spesifikasi dari ESM.

Kata Kunci : Electronic Support Measure, Antenna Microstrip, Microstrip Feed Line, X-Band

Subjek

Antennas.
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP REKTANGULAR PADA FREKUENSI X-BAND UNTUK ELECTRONIC SUPPORT MEASURE (ESM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FAISAL BUDIMAN
Perorangan
Bambang Setia N, Yussi Perdana S
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini