DESAIN DAN IMPLEMENTASI PINTU PERLINTASAN KERETA API MEMANFAATKAN PANEL SURYA DAN GENERATOR TANGAN (DESIGN AND IMPLEMENTATION LEVEL CROSSING USE SOLAR FOTOVOLTAIC AND HAND GENERATOR)

ARDHI MUTTAQIN

Informasi Dasar

21.04.4873
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di Indonesia, kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang cukup digemari oleh masyarakat karena kereta api dinilai lebih cepat untuk sampai ke tujuan yang cukup jauh daripada transportasi darat lainnya. Dibalik itu semua, masih terdapat beberapa hal yang dinilai kurang dari perkereta-apian di Indonesia diantaranya adalah kecelakaan yang masih sering terjadi di jalur perlintasan kereta api. Hal itu disebabkan masih banyaknya jalur perlintasan kereta api yang tidak memiliki pintu perlintasan terutama di daerah-daerah.Hal ini dikarenakan mahalnya biaya pengadaan 1 unit sistem pintu perlintasan kereta api dan minimnya pasokan listrik dari perusahaan terkait sebagai catu daya dari sistem pintu perlintasan yang ada. Dengan dirancangnya alat ini, diharapkan kedepannya dapat menjadi solusi bagi perusahaan terkait maupun masyarakat daerah di sekitar pintu perlintasan agar merasa aman dan terhindar dari adanya kecelekaan pada perlintasan kereta api tersebut. Pada penelitian tugas akhir kali ini,akan dibuat sebuah prototype dari pintu perlintasan kereta api.Alat ini menggunakan aktuator berupa motor dc untuk menggerakkan penghalang pada pintunya yang dikontrol menggunakan mikrokontroler dan Sensor sudut sebagai sensornya serta menggunakan Panel surya sebagai media catu daya utamanya serta generator tangan sebagai alternatif jika kondisi dari panel surya tidak memungkinkan untuk menghasilkan listrik karena beberapa faktor.Panel surya dan generator tangan akan menghasilkan energi listrik yang tersambung ke baterai sebagai media penyimpanan daya. Metode kendali yang digunakan pada penelitian tugas akhir ini adalah metode kendali PID yang mana dapat mempercepat/memperlambat waktu dari naik turun pintu perlintasan tersebut, mengurangi osilasinya serta menghilangkan error steady state pada sistem tersebut. Untuk sensor yang digunakan, memiliki nilai akurasi rata-rata sebesar 98,78%. Kata Kunci: Pintu perlintasan kereta api, Panel surya, Generator tangan, Kendali PID, Sensor Sudut

Subjek

ELECTRIC ENGINEERING
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI PINTU PERLINTASAN KERETA API MEMANFAATKAN PANEL SURYA DAN GENERATOR TANGAN (DESIGN AND IMPLEMENTATION LEVEL CROSSING USE SOLAR FOTOVOLTAIC AND HAND GENERATOR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARDHI MUTTAQIN
Perorangan
Ahmad Sugiana, Porman Pangaribuan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini