IMPLEMENTASI MACHINE LEARNING UNTUK MENDETEKSI UNSUR DEPRESI PADA TWEET MENGGUNAKAN METODE RANDOM FOREST

KADEK DEAN TRASHYA DEVASYA

Informasi Dasar

21.04.4759
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Depresi merupakan gangguan mental umum yang dapat menyerang seseorang dan mengakibatkan penurunan kinerja dalam beraktifitas, dan bahkan dapat menyebabkan seseorang untuk mengakhiri hidupnya. Penderita depresi menggunakan media sosial sebagai tempat untuk mengungkapkan isi pikiran mereka melalui kata-kata yang digunakan. Pada penelitian ini telah dirancang suatu sistem deteksi unsur depresi pada unggahan tweet di media sosial Twitter yang dapat digunakan untuk mendeteksi apakah suatu tweet memiliki unsur depresi atau tidak dengan menggunakan metode klasifikasi Random Forest.

Metode Klasifikasi Random Forest merupakan metode yang termasuk kedalam ensemble learning yaitu gabungan dari beberapa metode untuk membentuk klasifikasinya agar mendapatkan hasil yang maksimal, dimana metode yang digunakan adalah decision tree. Metode ini digunakan karena memiliki bentuk yang mudah untuk diimplementasikan kedalam sistem. Sistem ini dibuat menggunakan dataset pelatihan yang diberikan label secara manual, kemudian dilakukan esktraksi fitur menggunakan tf-idf, yang diimplementasikan kedalam bentuk website.

Sistem deteksi unsur depresi dengan menggunakan metode Random Forest berhasil mengklasifikasikan tweet dalam bentuk teks apakah tweet memiliki unsur depresi didalamnya atau tidak dengan hasil pengujian tingkat accuracy yang didapat sebesar 78.29%, nilai precision 73.69%, nilai recall 69%, dan F1-score sebesar 69.99%.

Kata Kunci: Depression Detection, Random Forest, Machine Learning, Data Scraping, Text Mining, Natural Processing Language

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

IMPLEMENTASI MACHINE LEARNING UNTUK MENDETEKSI UNSUR DEPRESI PADA TWEET MENGGUNAKAN METODE RANDOM FOREST
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KADEK DEAN TRASHYA DEVASYA
Perorangan
ANGGUNMEKA LUHUR PRASASTI , RATNA ASTUTI NUGRAHAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini