ANALISIS DETERMINAN PRAKTIK INCOME SMOOTHING (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor keuangan Sub Sektor Perbankan Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

NUR KRISNAENI

Informasi Dasar

21.04.4629
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Income smoothing merupakan upaya manajemen perusahaan untuk mengurangi fluktuasi laba pada laporan keuangan agar lebih terlihat menarik di mata investor. Hal ini biasa dilakukan dengan merekayasa laporan keuangan khususnya di bagian laporan laba rugi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, financial leverage, pajak penghasilan dan winner/loser stocks terhadap praktik income smoothing pada perusahaan sektor Keuangan sub sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan perolehan datanya menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 22 sampel perusahaan dalam kurun waktu 4 tahun sehingga diperoleh 88 sampel penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0 untuk analisis statistik deskripstif dan analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, financial leverage, pajak penghasilan dan winner/loser stocks berpengaruh secara simultan terhadap income smoothing. Secara parsial, profitabilitas berpengaruh positif terhadap income smoothing, pajak penghasilan berpengaruh negatif terhadap income smoothing, sedangkan financial leverage dan winner/loser stocks tidak berpengaruh terhadap income smoothing. Hasil pengujian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman bagi manajemen perusahaan dan para investor untuk lebih berhati-hati dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang praktik income smoothing.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS DETERMINAN PRAKTIK INCOME SMOOTHING (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor keuangan Sub Sektor Perbankan Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUR KRISNAENI
Perorangan
Siska Priyandani Yudowati, Djusnimar Zultilisna
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini