PENGARUH DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUDIT DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

IGNACIA LOLA` TANDIRERUNG

Informasi Dasar

21.04.4628
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba merupakan tindakan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk mempengaruhi informasi yang terdapat dalam laporan keuangan dengan tujuan mengelabui para calon investor yang ingin berinvestasi di perusahaan yang tepat. Manajemen laba dapat dilakukan dengan berbagai pola seperti peningkatan laba (income increasing), penurunan laba (income decreasing) dan perataan laba (income smoothing). Terdapat banyak faktor yang dapat memicu terjadinya praktik manajemen laba diantaranya dewan komisaris independen, komite audit dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara dewan komisaris independent, komite audit dan leverage terhadap manajemen laba pada sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dan terdapat 47 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel yang dibutuhkan dalam kurun waktu lima tahun sehingga diperoleh 235 unit sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dewan komisaris independen, komite audit dan leverage memiliki pengaruh simultan yang signifikan terhadap manajemen laba. Secara parsial, dewan komisaris independen dan leverage tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba dan komite audit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba dengan arah negatif. Peneliti selanjutnya diharapkan menambahkan dan menguji variabel lain yang diduga memiliki pengaruh terhadap manajemen laba seperti variabel afiliasi group bisnis, ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur Organisasi atau yang lainnya. Bagi seorang calon investor yang memutuskan untuk melakukan investasi sebaiknya calon investor memperhatikan berbagai aspek yang ada dalam perusahaan.

Kata Kunci: Manajemen Laba, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit dan Leverage.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUDIT DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IGNACIA LOLA` TANDIRERUNG
Perorangan
Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini