Pengaruh Asimetri Informasi, Investment Opportunity Set, dan Corporate Social Responsbility terhadap Kualitas Laba (Studi pada Perusahaan BUMN Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

MUHAMMAD ARIF WIRATAMA FATTAH

Informasi Dasar

21.04.4627
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kualitas laba merupakan kualitas informasi laba suatu perusahaan yang tersedia untuk publik yang dapat memberikan informasi sejauh mana laba mempengaruhi pengambilan keputusan dan dapat digunakan investor untuk menilai suatu perusahaan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas laba, diantaranya asimetri informasi, investment opportunity set, dan corporate social responsibility. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis asimetri informasi, investment opportunity set, corporate social responsibility, dan kualitas laba. Selain itu, menganalisis secara simultan dan parsial pengaruh asimetri informasi, investment opportunity set, dan corporate social responsibility terhadap kualitas laba pada perusahaan BUMN Non-Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-20120. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 16 perusahaan yang dipilih menggunakan metode sampling purposive. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi, investment opportunity set, dan corporate social responsibility berpengaruh secara simultan terhadap kualitas laba. Secara parsial, corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap kualitas laba, asimetri informasi dan investment opportunity set tidak berpengaruh terhadap kualitas laba. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya, Bagi perusahaan diharapkan untuk memperhatikan tingkat asimetri informasi dan corporate social responsibility karena hal tersebut dapat mempengaruhi laba yang berkualitas.

Kata Kunci : Asimetri Informasi, Corporate Social Responsibility, Investment Opportunity Set, Kualitas Laba.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Asimetri Informasi, Investment Opportunity Set, dan Corporate Social Responsbility terhadap Kualitas Laba (Studi pada Perusahaan BUMN Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ARIF WIRATAMA FATTAH
Perorangan
Cahyaningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini