IMPLEMENTASI DISPENSER PINTAR PENGISIAN OTOMATIS MENGGUNAKAN BASIS DATA DAN WEB SERVER BERBASIS IOT

ADITYA KARYADI KUSUMA

Informasi Dasar

21.04.4542
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan air putih pada orang dewasa disarankan yaitu sekitar delapan gelas atau total 2 liter setiap harinya. Umumnya masyarakat mengambil air minum menggunakan dispenser. Biasanya dispenser dapat menampung air minum berisi 19 liter air yang ditempatkan pada sebuah galon. Pengambilan air pada dispenser umumnya masih manual tanpa adanya fitur-fitur yang dapat memudahkan dalam pengambilan maupun pemantauan penggunaan air minum yang dikonsumsi setiap harinya.

Penelitian kali ini, penulis membuat sebuah dispenser pintar yang terhubung dengan web server dan database, yang dapat memantau dan merekam aktivitas dispenser. Kemudian, pengguna dapat melihat informasi tersebut menggunakan browser mereka dengan mengakses web server. Data-data sensor yang terdapat pada dispenser akan dikirimkan menggunakan konektifitas yang terdapat pada modul ESP8266 dan diparsing ke API (Application Programming Interface), data parsing akan dikirimkan ke dalam database web server. DBMS yang digunakan adalah MySQL. Untuk selanjutnya data yang telah diterima oleh database akan ditampilkan ke dalam website.

Hasil pengujian fungsionalitas, seluruh fitur yang terdapat di website Dispenserku dapat diakses dan digunakan dengan baik. Hasil pengujian delay dari client-server mendapatkan delay rata-ratanya sebesar 0.138 detik dan server-client mendapatkan delay rata-ratanya sebesar 0.198 detik. Hasil pengujian jitter dari client-server mendapatkan jitter rata-ratanya sebesar 0.00511 ms dan server-client mendapatkan jitter rata-ratanya sebesar 0.00356 ms. Pengujian performansi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa server masih dapat berjalan dengan baik.

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

IMPLEMENTASI DISPENSER PINTAR PENGISIAN OTOMATIS MENGGUNAKAN BASIS DATA DAN WEB SERVER BERBASIS IOT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADITYA KARYADI KUSUMA
Perorangan
FAVIAN DEWANTA, ISTIKMAL
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini