KLASTERISASI PADA DATA PENGGUNAAN LISTRIK DI GEDUNG TELKOM UNIVERSITY MENGGUNAKAN ALGORITMA DENSITY-BASED SPATIAL CLUSTERING OF APPLICATION WITH NOISE (DBSCAN)

REZA MAHENDRA

Informasi Dasar

21.04.4374
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Listrik merupakan energi yang sangat berperan bagi manusia, karena listrik dapat diubah menjadi energi-energi lain sesuai kebutuhan. Proses perubahan energi tersebut pasti memiliki biaya sesuai dengan jumlah penggunaannya masing-masing, terlebih di tempat-tempat yang membutuhkan energi listrik yang besar seperti gedung-gedung besar termasuk gedung kampus. Perlunya system pemantauan penggunaan listrik di gedung Telkom University menjadi hal yang penting agar tim logistik dapat dengan mudah memanajemen penggunaan listrik. Sistem pemantauan berbasis web ini terbagi atas virtual sensor/API, local database dan website monitoring yang saling terhubung lalu akan membentuk suatu sistem pemantauan listrik. Penelitian ini menggunakan algoritme clustering melalui pendekatan unsupervised learning yaitu “Density-Based Spatial Clustering Application with Noise” (DBSCAN) untuk clustering data. Pada penelitian ini dihasilkan sebuah website untuk memonitoring data penggunaan listrik pada gedung-gedung di Telkom University. Dengan penelitian ini diharapkan dapat mempermudah pihak logistik kampus dalam memantau dan memanajemen penggunaan data listrik di gedung-gedung Telkom University. Hasil dari penelitian dengan menggunakan algoritma DBSCAN ini menghasilkan nilai Silhouette Coefficient untuk pengujian data per bulan menggunakan data real dan data virtual device sebesar 1.0, pengujian data per hari sebesar 1.0 untuk data real dan untuk data virtual device 0.86 dan pengujian data per gedung sebesar 0.86.

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

KLASTERISASI PADA DATA PENGGUNAAN LISTRIK DI GEDUNG TELKOM UNIVERSITY MENGGUNAKAN ALGORITMA DENSITY-BASED SPATIAL CLUSTERING OF APPLICATION WITH NOISE (DBSCAN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REZA MAHENDRA
Perorangan
Fairuz Azmi, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini