ANALISIS KINERJA KEUANGAN BANK KONVENSIONAL PEMERINTAH BERDASARKAN CAPITAL DAN EARNINGS DALAM KOMPONEN RISK BASED BANK RATING PERIODE TAHUN 2008-2011

AYU WULAN SARI

Informasi Dasar

13.04.495
332.159 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Krisis keuangan global ternyata telah berdampak langsung pada jasa perbankan di Indonesia, dimana perbankan Indonesia mengalami masalah akibat ketidakmampuan bank untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi isu-isu financial, sehingga mendorong perlunya peningkatan efektivitas penerapan Manajemen Risiko dan Good Corporate Governance (GCG), dalam melihat Tingkat Kesehatan suatu bank. Mulai tanggal 15 Januari 2012 berdasarkan PBI No.13/1/PBI/2011, digunakanlah Metode pendekatan RBBR oleh bank untuk menghitung sendiri tingkat kesehatan bank-nya. Metode RBBR terdiri dari komponen Risk Profile, GCG, Earnings dan Capital, serta merupakan penilaian dengan metode perhitungan CAMELS dan Risiko.

Sampel dalam penelitian ini adalah Bank Mandiri, BNI dan BRI pada periode tahun 2008-2011 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis komponen RBBR hanya pada Capital dan Earnings dengan data yang bersumber pada Laporan Keuangan bank yaitu Neraca, Laporan Laba/Rugi dan Catatan atas laporan keuangan tahun 2008-2011.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesehatan bank konvensional secara keseluruhan selama periode tahun 2008-2011 berada pada predikat sangat sehat, dengan Capital untuk nilai CAR terbaik diperoleh Bank Mandiri dan nilai kecukupan modal berdasarkan perbandingan modal dengan ATMR terbaik tahun 2008-2009 diperoleh Bank Mandiri dan BNI untuk tahun 2010-2011. Sedangkan dua indikator capital lainnya yaitu penyediaan dana berdasarkan aset produktif bermasalah dan penyediaan dana berdasarkan aset kualitas rendah tidak dapat diketahui hasil akhirnya. Dan untuk Earnings, nilai ROA dan NIM terbaik diperoleh BRI.

Kata Kunci : Tingkat Kesehatan Bank, RBBR, Laporan Keuangan, Capital, Earnings.

Subjek

BANK ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS KINERJA KEUANGAN BANK KONVENSIONAL PEMERINTAH BERDASARKAN CAPITAL DAN EARNINGS DALAM KOMPONEN RISK BASED BANK RATING PERIODE TAHUN 2008-2011
 
xiv, 92p.: il.; 21 cm + lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYU WULAN SARI
Perorangan
Arlin Ferlina Moch. Trenggana
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM,Administrasi Bisnis
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini