FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN LINKAJA BERDASARKAN MODEL TEORI UTAUT2 (UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY2)

ASTRID FABIENZA WILFAN

Informasi Dasar

21.04.4287
332.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi mobile acsess yang berkembang pesat membuat kegiatan dapat dilakukan dan diakses dengan mudah melalui smartphone. Salah satu kegiatan masyarakat yang menggunakan teknologi mobile adalah industry finance (fintech) yang mengeluarkan produk e-money atau uang elektronik. Keberadaan teknologi fintech ini menjadi pengganti uang cash dalam melakukan transaksi jual beli secara digital. Adanya e-money membantu dan memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi jarak jauh ataupun transaksi pembayaran secara langsung.

Aplikasi dompet digital LinkAja menjadi objek penelitian ini merupakan perusahaan patungan yang didirikan oleh delapan BUMN dalam bidang financial service. Walau menjadi satu-satunya e-money yang didirikan oleh BUMN, namun Aplikasi LinkAja masih kalah dalam penggunaannya dibandingkan ¬e-money lainnya dan menjadi urutan nomor 5 dibawah Shoppe pay, OVO, gojek, dan DANA. Hal ini menunjukkan bahwa minat kelanjutan pelanggan pada aplikasi LinkAja masih harus dikembangkan apabila dibandingkan dengan e-money lain.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan Aplikasi LinkAja menggunakan pendekatan model UTAUT2. Variabel yang digunakan seperti Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, dan Habit sebagai variabel independent, Behavior Intention sebagai variabel dependen dan Use Behavior sebagai variabel moderator. Sehingaa dapat diketahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna aplikasi LinkAja dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner online via Google Forms. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 385 responden yang berdomisili di Indonesia dengan instrument pengumpulan data 28 item pertanyaan pada kuesioner dari 9 konstruk yang digunakan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS 3.29 dalam uji validitas dan realibilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor paling signifikan dari Model UTAUT2 dalam penelitian ini adalah Social Influence, Facilitating, Price Value, dan Habit menjadi faktor yang signifikan mempengaruhi niat penggunaan aplikasi LinkAja. Dengan begitu perusahaan LinkAja perlu meningkatkan strategi pemasaran yang dapat menciptakan kebiasaan konsumen serta mengevaluasi sistem aplikasi serta menambah fitur baru aplikasi untuk meningkatkan nilai penggunaan aplikasi LinkAja. Dalam Social Influence LinkAja perlu melakukan interaksi kepada komunitas sosial untuk mengembangkan dan lebih menarik minat konsumen dalam menggunakan aplikasi LinkAja. Sedangkan faktor lain seperti Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Condition, dan Hedonic Motivation terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap behavior intention. sementara variabel Facilitating Condition dan Habit berpengaruh secara signifikan terhadap Use Behavior.

Kata Kunci : UTAUT2, LinkAja, e-money, SEM, SmartPLS.

Subjek

MONEY
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN LINKAJA BERDASARKAN MODEL TEORI UTAUT2 (UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY2)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASTRID FABIENZA WILFAN
Perorangan
Erni Martini
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telkomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini