PENGARUH E-SERVICE QUALITY TOKOPEDIA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA (ONLINE MOBILE APPLICATION TOKOPEDIA)PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TELKOM UNIVERSITY

HADI MAULANASYAH

Informasi Dasar

21.04.4230
658.872
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring perkembangan teknologi dan semakin mudahnya gadget yang digunakan, membuat segala hal bertransformasi menjadi digital dan mengubah pola gaya hidup masyarakat saat ini.. Prosesdigitalisasi terjadi hampir disemua hal seperti “pasar” yang awal mulanya konsumen berinteraksi atau bertatap muka dengan penjual dan melakukan transaksi di tempat langsung untuk saat ini telahberubah menjadi “pasar virtual atau pasar Online”, yaitu suatu interaksi yangdapat dilakukan kapan saja dan saat itu juga tanpa harus berinteraksi langsung dan bertatap muka langsung dengan penjualdan transaksi pun dapat dilakukan dengan mudah hanya, contohnya seperti: Tokopedia. Tokopedia. Setiap bulannya lebih dari 16,5 juta produk terkirim ke pembeli yang tersebar di seluruh Indonesia dengan angka transaksi mencapai triliunan rupiah- perbulannya dari iprice.co.id Tokopedia setiap bulannya mencapai di angka 66ribu pengujung di setiap bulannya. Tingginya angka pengunjung pelanggan Tokopedia menggambarkan bahwa e-service quality dan kepuasan pelanggan terhadap tokopedia sangat tinggi. Jumlah orang yang menggunakan aplikasi tokopedia atau dikatan konsumen. E-service Quality Tokopedia dipengaruhi oleh salah satunya yaitu respon yang dilakukan Tokopedia dalam mengatasi keluhan pelanggan, serta kemudahan konsumen dalammencari produk yang di ingikan selain itu cara bertransaksi yang mudah di pahami. Kepuasan pelanggan diciptakan konsumen dari ulasan yang dibaca calon pembeli setiap ingin membeli produk di lapak penjual yang akan meningkatkan minat pembelian serta komentar positif darikonsumen tersebut. Hadirnya pasar virtual atau Market place sebagai salah satu strategi pemasaran menjadi lebih efisien dan lebih cepat.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh E-service Quality Tokopedia terhadap Kepuasan pelanggan pengguna (online mobile application Tokopedia) Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel nonprobabilitas. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini adalah jenis data yang dikumpulkan bersifat ordinal data tersebut diperoleh dari hasil pengisian kuisoner oleh responden yang memilih jawabanya dari sangat setuju sampai dengan sangat tidak setuju. Method ofSuccessive Interval digunakan untuk mengubah data ordinal menjadi data interval.

Adapun hasil dalam penelitian ini adalah Pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan pengguna (online mobile application Tokopedia) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi danBisnis Telkom University yaitu, Persepsi konsumen terhadap e-service quality yang ditawarkan olehTokopedia secara keseluruhan sudah termasuk dalam kategori baik dan Tingkat kepuasan pelangganTokopedia secara keseluruhan sudah termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil pengujian. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada variabel e-service quality, diketahui dimensi yang memiliki nilai terendah adalah privacy yang diperlukan pada pernyataan “C Tokopedia menjaga keamanan mengenai informasi pribadi pelanggan terhadap situs lain”. Saran peneliti bagi perusahaan guna mengantisipasi dan memaksimalkan keamanan data para pelanggannya adalah dengan senantiasa melakukan tingkat keamanan dan pemutakhiran pada servernya secara berkala.

Subjek

ELECTRONIC COMMERCE-MANAGEMENT
CUSTOMER SATISFACTION,

Katalog

PENGARUH E-SERVICE QUALITY TOKOPEDIA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA (ONLINE MOBILE APPLICATION TOKOPEDIA)PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TELKOM UNIVERSITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HADI MAULANASYAH
Perorangan
Krishna Kusumahadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telkomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini