PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO TOTAL ASSET, TOTAL ASSET TURN OVER DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019)

TRIS ALBERT

Informasi Dasar

21.04.4207
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Return Saham adalah merupakan suatu keuntungan yang diperoleh dari investasi atas sebuah saham, hal ini tentu pada dasarnya investor mengingikan jaminan akan Return yang tinggi pada saham yang ingin di investasikan pada suatu perusahaan. Tingkat rata-rata Return Saham pada perusahaan sub sector Batubara yang mengalami pergerakan naik turun pada perusahaan sub sector Batubara selama tahun 2015-2019. Karena terjadinya pergerakan Return Saham yang naik turun membuat investor akan melakukan pertimbangan terhadap kinerja keuangan perusahaan sebelum melakukan investasi pada perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, investor sangat perlu mengetahui dan melakukan analisis terhadap factor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat Return Saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Total Asset (DTA), Total Asset TurnOver (TATO) dan Ukuran Perusahaan (UK) terhadap Return Saham pada perusahaan pertambangan subsector Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan tahunan (Laporan keuangan konsolidasi) tahun 2015-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan subsector Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Metode analisis data penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Sofware Eviews 10. Berdasarkan hasil peneltian secara simultan CR, DTA, TATO dan UK memiliki pengaruh terhadap Return Saham. Sedangkan secara parsial DTA, TATO dan UK tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dan hanya variabel CR berpengaruh terhadap Retrun Saham. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis ingin memberikan saran untuk peneliti selanjutnya agar menggunkan variabel lain atau menambahkan variabel lain yang diduga berpengaruh terhadap Return Saham serta untuk mengganti objek penelitian pada perusahaan sektor lain atau perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kata Kunci : Current Ratio ,Debt to Total Asset, Total Asset TurnOver dan Ukuran Perusahaan dan Return Saham.

Subjek

ACCOUNTING
ASSETS, SAHAM,

Katalog

PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO TOTAL ASSET, TOTAL ASSET TURN OVER DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRIS ALBERT
Perorangan
Vaya Juliana Dillak,
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini