AUDIT DELAY: PERGANTIAN AUDITOR, SPESIALISASI INDUSTRI AUDITOR, DAN KEAHLIAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

SALSABILA PUTRI ZADEA

Informasi Dasar

21.04.4158
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semua perusahaan go public di Bursa Efek Indonesia (BEI) harus melaporkan laporan keuangan, dan disusun sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang telah diaudit oleh auditor dengan tepat waktu. Pelaksanaan dan juga tanggung jawab auditor berhubungan dengan ketepatan waktu penyampaian laporan auditan. Salah satu kendala yang dialami perusahaan go public adalah ketepatan waktu dalam mempublikasikan laporan keuangan tahunannya secara relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pergantian auditor, spesialisasi industri auditor, dan keahlian keuangan terhadap audit delay pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pergantian auditor, spesialisasi industry auditor dan keahlian keuangan sebagai variabel independen, sedangkan audit delay sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 44 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 30 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah regresi data panel menggunakan program Eviews. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergantian auditor, spesialisasi industri auditor, dan keahlian keuangan berpengaruh secara simultan terhadap audit delay. Secara parsial pergantian auditor tidak berpengaruh terhadap audit delay, sedangkan spesialisasi industri auditor dan keahlian keuangan berpengaruh negatif terhadap audit delay. Saran dalam penelitian ini adalah menambah variabel bebas diluar dari penelitian ini yang sekiranya memiliki pengaruh terhadap audit delay. Selanjutnya saran untuk memperpanjang kurun waktu periode penelitian dan menggunakan subjek penelitian perusahaan di sektor lainnya Kata kunci: Audit delay, Keahlian Keuangan, Pergantian Auditor, Spesialisasi Industri Auditor.

Subjek

AUDITING
ACCOUNTING AND FINANCE, INDUSTRY,

Katalog

AUDIT DELAY: PERGANTIAN AUDITOR, SPESIALISASI INDUSTRI AUDITOR, DAN KEAHLIAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILA PUTRI ZADEA
Perorangan
Majidah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini