ANALISIS KEAMANAN PADA WEBSITE KECAMATAN XYZ KABUPATEN BANDUNG MENGGUNAKAN STANDAR PENETRATION TESTING DENGAN METODOLOGI INFORMATION SYSTEM SECURITY ASSESSMENT FRAMEWORK (ISSAF)

MISBACHUL FIQKRI

Informasi Dasar

21.04.4009
621.389 28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Website atau situs merupakan kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan berbagai jenis informasi. Seringkali website mendapat serangan keamanan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional (Pusopskamsinas) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) jenis serangan yang sering di lakukan adalah trojan activity, information gathering dan web application attack. Hal tersebut juga dapat dialami pada webisite xyz.xyz.go.id milik pemerintah daerah X. Karena website pemerintahan rentan terhadap ancaman tersebut, maka perlu dilakukan pemindaian celah website untuk memberikan rekomendasi keamanan. Pengujian dilakukan metodologi Information System Security Assessment Framework (ISSAF) dengan metode BlackBox dan menggunakan tools ZAP, Nikto, Zenmap dan Netcraft. Celah kemanan yang diperoleh menjadi landasan untuk membuat rekomendasi. Hasil pengujian dengan Zenmap dan Netcraft menghasilkan information gathering. Pengujian celah kemanan dengan ZAP menemukan enam low level, tiga medium level, dan tiga informatinal level. Hasil pengujian dengan Nikto menghasilkan lima celah keamanan. Setelah dilakukan pemindaian celah keamanan terhadap website pemerintahan daerah X maka diperoleh beberapa celah keamanan yang memiliki tingkat resiko berbeda, Setelah dilakukan analisis celah keamanan maka dilakukan verifikasi terhadap beberapa celah keamanan dengan melakukan verifikasi terhadap celah yang ditemukan yaitu anti-clickjacking X-Frame-Options dan Application Error Disclosure.

Subjek

WEB SECURITY
 

Katalog

ANALISIS KEAMANAN PADA WEBSITE KECAMATAN XYZ KABUPATEN BANDUNG MENGGUNAKAN STANDAR PENETRATION TESTING DENGAN METODOLOGI INFORMATION SYSTEM SECURITY ASSESSMENT FRAMEWORK (ISSAF)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MISBACHUL FIQKRI
Perorangan
Ahmad Almaarif, Rd. Rohmat Saedudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini