KUSTOMISASI SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA OBJECT REPORT AND DASHBOARD MENGGUNAKAN SALESFORCE SALES CLOUD PADA UMKM PRODUKSI (Studi Kasus: PT. Garsel)

ALLISYA NASHFATI JUSTINE

Informasi Dasar

21.04.3969
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap perekonomian di Indonesia khususnya bagi para pemilik UMKM. Sebagian besar UMKM memiliki proses bisnis yang masih dilakukan secara manual dan hanya sebagian kecil dari UMKM yang mampu dalam mengimplementasikan aplikasi untuk membantu kegiatan operasional mereka. PT. Garsel merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang perdagangan serta industri sepatu yang ada di Indonesia dan merupakan salah satu perusahaan yang terkena dampak dimasa pandemi Covid-19 saat ini. Seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya perusahaan semakin banyak dan beragam pula data yang dimiliki. Hal ini cukup menyulitkan pihak perusahaan dalam mengelola data khususnya data pelanggan. Kendala tersebut mengakibatkan hilangnya loyalitas pelanggan di perusahaan. Berdasarkan masalah yang telah terjadi, maka solusi yang tepat untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan PT. Garsel dengan cara membuat kostumisasi CRM menggunakan aplikasi Salesforce. Hasil dari penelitian ini adalah menerapkan fungsi analytics pada fitur Reports and Dashboards yang terdapat dalam aplikasi Salesforce untuk dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggannya dengan cara menggunakan data yang akan dianalisis untuk membuat keputusan bisnis yang lebih terinformasi dan sadar akan pelanggan.

Kata kunci: CRM, Analytics CRM, Report and Dashboard, UMKM, Salesforce.

Subjek

CUSTOMER RELATION MANAGEMENT
 

Katalog

KUSTOMISASI SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA OBJECT REPORT AND DASHBOARD MENGGUNAKAN SALESFORCE SALES CLOUD PADA UMKM PRODUKSI (Studi Kasus: PT. Garsel)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALLISYA NASHFATI JUSTINE
Perorangan
Ahmad Almaarif, Muhardi Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini