ANALISIS MANFAAT TERHADAP IMPLEMENTASI ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN FRAMEWORK ENTERPRISE CONTINUUM (Studi Kasus : Divisi Digital Service PT. Telkom Indonesia, Tbk )

KHOFIFAH RACHMA PRABAWATI

Informasi Dasar

21.04.3964
720.92
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era bisnis global, teknologi sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan. Teknologi juga diperlukan Pada era bisnis global, teknologi sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan. Teknologi juga diperlukan pada sebuah perusahaan yang digunakan untuk keselarasan dengan tujuan dan rencana strategi perusahaan. Dari hal tersebut diperlukannya implementasi Enterprise Architecture (EA) pada perusahaan, karena enterprise architecture mempunyai fungsi untuk menyelaraskan rencana strategi dan tujuan objektif perusahaan. Banyak perusahaan yang sudah mengimplementasikan enterprise architecture Namun belum mengetahui dan merasakan benefit dari implementasi enterprise architecture tersebut. Dalam hal ini menyebabkan menjadi implementasi enterprise architecture menjadi tidak maksimal. Berdasarkan hal tersebut diperlukannya sebuah analisis terhadap implementasi enterprise architecture. Untuk melakukan Analisis manfaat dari implementasi dapat menggunakan framework enterprise continuum yang merupakan bagian dari TOGAF framework. Dalam proses analisis manfaat menggunakan framework enterprise continuum akan mengidentifikasi baik dari struktur organisasi, teknologi, sistem, dan industri yang ada pada perusahaan. Pada framework enterprise continuum terdiri dari dua komponen yaitu architecture continuum yang terdiri dari : foundation architecture, common system architecture, industry architecture dan organization architecture, serta solution continuum yang terdiri dari product & service, system solution, industry solution, dan organization solution yang mana arsitektur tersebut dapat dikatakan juga sebagai arsitektur eksisting dan arsitektur targeting. Analisis manfaat dari implementasi dilakukan dengan menganalisis antara arsitektur eksisting dengan arsitektur targeting yang dipetakan berdasarkan tujuan dan rencana strategi dari perusahaan. Dari analisis yang telah dilakukan akan membuktikan manfaat dari implementasi enterprise architecture dapat menyelaraskan dan mewujudkan tujuan dan rencana strategi perusahaan serta faktor – faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari EA.

Kata kunci : Manfaat, Enterprise Continuum, Architecture Continuum, Solution continuum

Subjek

ANALYSIS
 

Katalog

ANALISIS MANFAAT TERHADAP IMPLEMENTASI ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN FRAMEWORK ENTERPRISE CONTINUUM (Studi Kasus : Divisi Digital Service PT. Telkom Indonesia, Tbk )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHOFIFAH RACHMA PRABAWATI
Perorangan
Muharman Lubis, Fitriyana Dewi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini