Pemodelan Informasi pada Sistem Informasi KUBE Mart dengan Metode Fully Communication Oriented Information Modeling (FCO-IM)

ELA NADILA

Informasi Dasar

21.04.3912
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemodelan informasi menempati peranan yang sangat penting dalam perkembangan sistem informasi saat ini. Pemodelan informasi adalah kegiatan untuk membuat model konseptual yang menangkap semua informasi yang signifikan dalam proses bisnis. Dalam masalah penggunaan pemodelan informasi dibutuhkan mesin untuk tempat pengimplementasiannya, dan masalah redundansi juga sering terjadi dalam database. Masalah ini muncul ketika database tidak dinormalisasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menganalisis sistem informasi KUBE Mart menggunakan metode Fully Communication Oriented Information Modeling (FCO-IM) dan membandingkannya dengan metode tanpa FCO-IM yang dibuat oleh 12 programmer. Hasil analisis, pemodelan informasi menggunakan metode FCO-IM dapat menghasilkan skema data relasional yang sudah memenuhi normalisasi 3NF dan cocok untuk diimplementasikan dalam pengembangan sistem informasi KUBE Mart sehingga dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemodelan data dan dapat menghindari masalah redundansi data.

Kata kunci : sistem informasi, pemodelan informasi, FCO-IM, redundansi, KUBE Mart.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

Pemodelan Informasi pada Sistem Informasi KUBE Mart dengan Metode Fully Communication Oriented Information Modeling (FCO-IM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELA NADILA
Perorangan
Kemas Muslim Lhaksmana, Seno Adi Putra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini