PEMETAAN DAERAH BERDASARKAN TINGKAT KETERSEDIAAN UNSUR HARA DAN KELEMBAPAN TANAH BERBASIS WEB DENGAN HONEYCOMB TILE MAP

LOVIONA FORTUNA PUTRI

Informasi Dasar

21.06.461
652.5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Tanah merupakan komponen utama yang dibutuhkan oleh para petani dalam bercocok tanam. Banyak masyarakat yang masih menjadikan bidang pertanian sebagai pada beberapa daerah untuk dijadikan sebagai sumber mata pencarian utama. Permasalahannya adalah banyak petani dan masyarakat yang belum bisa mengetahui secara pasti daerah mana saja yang memiliki tingkat ketersediaan unsur hara dan kelembapan tanah yang baik dan tidak serta bagaimana cara mengatasi tanah yang memiliki tingkat ketersediaan unsur hara dalam tanah yang rendah.

Untuk membantu meningkatkan hasil panen, dirancanglah suatu sistem yang mampu mempermudah proses pengukuran kadar Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K) pada tanah beserta dengan sistem informasi berupa website yang dapat menerima data¬ dari perangkat keras secara realtime menggunakan bahasa pemrograman HTML dan Javasricpt. Data yang akan ditampilkan pada website diambil dari cloud sebagai penyalur data dari perangkat keras. Cloud yang digunakan pada pengerjaan ini yaitu Firebase.

Hasil dari pengujian pada sistem informasi ini adalah pengguna dapat menerima informasi dari data dari perangkat lunak yaitu nilai dan status dari nitrogen, fosfor, kalium, dan kelembapan tanah beserta dengan pemetaan daerah berdasarkan tingkat ketersediaannya secara real time melalui website sehingga pengontrolan kadar tanah, pemupukan, dan penyiraman bisa lebih efektif. Waktu yang dibutuhkan untuk mengakses website yang telah dibuat adalah 0.809 detik dan keakurasian data kategori marker pada pemetaan daerah sebesar 100% dengan radius 50 m. Berdasarkan kuesioner mengenai survey kebutuhan website didapatkan 93% dari 43 responden setuju jika sistem informasi pemetaan daerah dibuat dalam bentuk honeycomb tile map dengan radius 50 m dan 100% responden setuju bahwa website dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dan mempermudah dalam mendapatkan informasi mengenai pemetaan daerah berdasarkan tingkat unsur hara dan kelembapan tanah.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

PEMETAAN DAERAH BERDASARKAN TINGKAT KETERSEDIAAN UNSUR HARA DAN KELEMBAPAN TANAH BERBASIS WEB DENGAN HONEYCOMB TILE MAP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LOVIONA FORTUNA PUTRI
Perorangan
Dadan Nur Ramadan, Tri Nopiani Damayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini